Cuaca dingin menerpa West Michigan saat itu, dan seperti biasa banyak kelompok penyayang hewan selalu mengingatkan para pemilik hewan agar memasang pemanas dalam rumah untuk anjing mereka, dan tidak membiarkan para anjing bermain di luar rumah tanpa pengawasan. Himbauan tersebut terkait banyaknya kasus anjing tewas akibat kedinginan di luar rumah, Tak semua jenis anjing mampu melawan dinginnya cuaca, termasuk anjing milik Roxanne Groschoske yang ditemukan sekarat oleh St. Joseph County Animal Control di Michigan.

Akibat kejadian tersebut, kini Roxanne Grochoske terancam hukuman 4 tahun penjara karena lalai dalam memelihara anjing. Bahkan anjing lainnya yang ia miliki pun disita, dengan kecil kemungkinan ia dapat memelihara anjing lagi. Menurut pengakuan Roxanne keberadaan anjingnya di luar bukanlah kesengajaan, karena memang ia mengajak jalan-jalan anjing tersebut lalu ia tinggalkan sebentar namun kemudian ia tertidur, tanpa menyadari bahwa anjingnya sedang berjuang bertahan hidup di tengah cuaca dingin yang ekstrem. 

Beberapa hari sebelumnya di New Jersey ditemukan juga seekor anjing tewas membeku di trotoar, lalu anjing lainnya pun ditemukan terjebak dalam lumpur membeku. Kejadian-kejadian tersebut seharusnya menjadi kewaspadaan bagi para pemilik hewan yang telah berkomitmen memelihara hewan, termasuk juga memberi perlindungan terhadap mereka.