Seorang nenek berusia 60 tahun bernama Chai, mendapat hadiah seekor anjing golden retriever dari anaknya. Mungkin sang anak saat itu berpikir ibunya tak memiliki teman, namun ia tampaknya tak menyadari bahwa anjing yang ia berikan masih kanak-kanak sehingga butuh penjagaan. Sementara sang ibu yang bekerja sebagai petugas penyapu jalan tak mungkin menjaganya di rumah. Maka sejak itulah, Jiao Mei, nama anjing itu, mengikuti kemanapun Chai pergi. Termasuk menemani Chai saat bekerja.

United Chai sells the bottles Jiao picks up for profit using the cash to purchase buns and other food items

Memang benar, Jiao Mei selalu menemani Chai. Sehingga Chai tak kesepian setelah anak-anaknya hidup berumah tangga. Jiao Mei juga menghibur Chai dengan tingkahnya yang lucu, juga kepandaiannya. Sejak kecil Jiao Mei sudah belajar untuk memunguti sampah demi membantu Chai, padahal Chai tak pernah mengajarinya.

dogstreetsweeper-1jpg

Hingga kini di usianya yang ke-4 tahun, Jiao Mei sudah sangat ahli mengambil sampah dan membuang pada tempatnya. Terutama sampah berupa botol, plastik, dan beberapa lainnya yang ia bisa bawa dengan mulutnya. Jiao Mei selalu tampak gembira melakukan tugasnya membantu Chai, padahal Chai juga tak pernah menyuruhnya.

dogstreetsweeper-4jpg

Lama kelamaan, warga yang biasa melewati ruas jalan di Chengdu, dimana Chai bertugas, mengenal Jiao Mei dengan baik. Banyak orang suka padanya dan menyayangi Jiao Mei, mereka mengatakan Jiao Mei adalah anjing baik hati yang tahu berterima kasih pada pemiliknya. Bahkan Jiao Mei menjadi maskot kebersihan di sana.

Happy Jiao Mei hunts for discarded plastic bottles  cans and cigarettes that she can pick up with her mouth

Dari sampah botol dan plastik yang dikumpulkan Jiao Mei, kemudian dijual oleh Chai, dan seluruh hasil penjualannya ia berikan pada Jiao Mei. Alasan Chai sederhana, karena itu adalah jerih payah Jiao Mei. Maka disamping makanan yang diberikan oleh Chai, terkadang Jiao Mei bisa membeli makanan lezat dan mainan dari uangnya sendiri 🙂

Friends Chai a 60-year-old sweeper and grandmother confirmed she had had Jiao since the pup was born