Jika saja Chris Lynch tidak menaruh curiga pada dua orang yang menuntun seekor anjing menuju hutan, mungkin Tunzy tinggallah kenangan. Tunzy adalah nama yang diberikan pada anjing yang nyaris ditembak mati oleh pemiliknya sendiri. Sementara Chris adalah petugas dari Michigan Department of Natural Resources.

Wikipedia/ Michigan Natural Resources

Ketika itu Chris melihat sebuah mobil diparkir di dekat hutan. Dua orang pria keluar dari mobil, disertai seekor anjing berukuran kecil yang kemudian berlari-lari di sisi mereka. Gerak gerik keduanya cukup mencurigakan, sementara si anjing kecil tak menunjukan gelagat ketakutan. Ia justru tampak gembira seolah akan diajak berjalan-jalan.

Chris memutuskan untuk mengikuti langkah mereka. Sampai di suatu tempat di tengah hutan, seorang dari mereka mulai menggali tanah, sementara seorang lainnnya mengeluarkan senapan. Chris lalu segera bertindak. Gelagat buruk telah dipahaminya, bahwa si anjing kecil tengah menuju akhir hidupnya.

Delta Animal Shelter

Kedua orang tersebut ternyata pemilik Tunzy yang tak sanggup memeliharanya lagi. Tunzy telah berumur dan dalam keadaan sakit. Mereka menyerah dan putus asa. Maka mereka memutuskan untuk mengakhiri hidup Tunzy. Sebuah keputusan yang sangat disesali oleh Chris dari pemilik anjing yang seharusnya mampu memperjuangkan hidup hewan kesayangannya.

Setelah membuat laporan atas kejadian tersebut yang akan menjerat pemilik Tunzy dengan hukum yang berlaku, Chris membawa Tunzy menuju Delta Animal Shelter di Michigan. Sebuah penampungan tanpa euthanasia yang memungkinkan anjing seumur hidupnya di sana.

Delta Animal Shelter

Kenyataan memilukan diketahui kemudian oleh Chris. Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata Tunzy masih memiliki kemungkinan hidup bertahun-tahun ke depan, meski ia telah berumur 11 tahun dan sakit. Bahkan anjing jenis shih tzu itu masih mempunyai harapan untuk mendapatkan adopter. Tanpa Chris, hidup Tunzy pasti telah berakhir. Berkat Chris, kini Tunzy berada di Michigan Utara menantikan keluarga baru yang akan menjemput dan menyayangi hingga akhir hayatnya.