Kelainan kromosom sedari lahir membuat Monty tidak seperti kucing lainnya. Monty tak memiliki tulang hidung, karena kondisi tersebut ia terkadang bersin, dan tidurnya terganggu akibat cairan ‘bocor’ yang menetes di hidung. Namun Monty tetap istimewa, sehingga ia mampu menjadi inspirasi bagi siapapun untuk melihat hidup begitu sempurna.

Di usianya yang ketiga tahun, Monty diadopsi dari penampungan dan sejak itu ia menarik perhatian banyak orang. Tingkah lucu Monty membuat semua orang tak menyadari bahwa kondisi Monty tidaklah sempurna, namun toh kesempurnaan pada akhirnya tergantung dari sisi mana orang melihat. Monty seakan membawa pesan tersebut bagi dunia, sehingga ia diangkat menjadi duta dunia bagi hewan juga manusia yang memiliki kelainan dan keterbatasan.

Monty juga mempromosikan penampungan sebagai tempat adopsi, serta mensosialisasikan sterilisasi pada hewan dan menjual merchandise bertema “love before appearance and acceptance of who you are”, yang hasilnya didonasikan untuk penampungan hewan di seluruh dunia. Monty adalah motivasi bagi siapapun yang ingin melihat hidup secara sempurna.

I’m not perfect but PAWsome!” – Monty