Bingung ya ada anjing yang bisa menjadi penulis buku? Memang ada beneran kok, Momo namanya. Ia adalah anjing jenis pug yang tinggal di Brooklyn, New York, bersama saudaranya yang masih bayi bernama Finn dan sesama anjing yang menjadi saudaranya juga, Darby. Menurut informasi pendidikan yang tercantum dalam akun facebook-nya, Momo Pug, saat ini Momo tengah menuntut ilmu di Pug University, Tokyo, Jepang, setelah menamatkan sekolah di Pug High School, Reno, Nevada. Wah, wah.. ngarang banget ya si Momo.. xixixi

instagram.com/momopug2000

Tapi Momo benar-benar cerdas kok, buktinya ia berhasil mempublikasikan buku hasil karyanya berjudul “Pug Joke Book”. Dalam buku tersebut Momo mengetengahkan kehidupan anjing pug yang penuh canda tawa dan memiliki guyonan sendiri. Contohnya, kenapa anjing pug suka lari berputar seperti membuat lingkaran? Soalnya kalo lari membentuk persegi tuh susah. Halah.. ada-ada saja deh Momo.

Hasil gambar untuk pug joke book
amazon.com

Buku yang dijual secara online itu dapat dimiliki sejak dua tahun silam dengan harga sekitar 10 dolar-an, Momo meneruskan karyanya dengan merilis buku kedua, yakni “I Could Poop on That”. Tak cukup sampai di situ, Momo juga “mengelola” website yang lagi-lagi berkisah seputar dunia pug, pugjokes.com dan pugcity.org. Namun belakangan kedua website itu digabungkan. Momo terlalu sibuk kali yaa..

instagram.com/momopug2000

Tak sekedar berkisah tentang dunia pug yang penuh canda tawa, Momo juga melibatkan anjing jenis lain serta hewan dengan spesies berbeda yang tak bisa lepas dari kehidupan anjing pug. Bahkan hubungan mereka dengan manusia dan lingkungan. Melalui karyanya Momo berharap banyak orang (juga anjing dan hewan lain) lebih mengenal pug, serta lebih peduli dengan dunia anjing yang sangat menyenangkan.

instagram.com/momopug2000

Selain sibuk sebagai ‘penulis’, dalam keseharian Momo juga sibuk dengan hobinya. Yaitu bermain, makan, tidur, dan mengenakan kostum. “Menjadi” ikan hiu, jerapah, Pikachu dan banyak lagi. Tapi yang paling menjadi favoritnya adalah ketika mengenakan kostum kucing Garfield!

instagram.com/momopug2000
instagram.com/momopug2000

Dari semua kesibukannya, Momo tak pernah melewatkan momen bahagia bersama Darby dan Finn. Sesuai gambaran dalam buku Momo, hidup seekor anjing pug sangatlah indah dan membahagiakan.

instagram.com/momopug2000