Bulan Agustus lalu, seorang petugas dari The Sumner County Sheriff’s Officer Animal Control memergoki seekor anjing beagle berumur 5 tahun dalam keadaan mengenaskan. Bertubuh kurus dan lehernya berdarah. Ironisnya, anjing bernama Darcie itu merupakan anjing peliharaan. Pemiliknya adalah seorang gadis berusia 23 tahun, Amber Mittelstrasser, yang tinggal di Portland, Maine, Amerika. Darcie tak sendiri, seekor pitbull bernama Chevy mengalami kondisi yang sama dengannya.

Deputy James Brawner with the Sumner County Sheriff’s
Photo: Dessislava Yankova/Staff

Akibat kelalaiannya memelihara, Amber diseret ke pengadilan dan vonis yang dijatuhkan oleh hakim Mike Carter di Pengadilan Sumner County cukup membuat Amber terhenyak. Ia tak diperbolehkan lagi memelihara hewan apapun seumur hidup! Amber sempat ingin naik banding dengan memberikan alasan tentang Darcie dan Chevy sangat agresif sehingga ia harus merantai demi keselamatan orang-orang sekitarnya. Namun alasan Amber tak diterima oleh hakim.

Portland resident Amber Mittelstrasser, 23, reacts
Photo: Dessislava Yankova/Staff

Tindakan Amber dinilai telah menyiksa Darcie dan Chevy baik fisik maupun mental. Darcie mengalami luka serius di bagian leher karena terikat terlalu lama, nalurinya sebagai anjing tentu ingin melepaskan diri sehingga membuat kedua anjing itu semakin menderita. Belum lagi Amber membiarkan mereka kelaparan, sebagai pelajaran agar mereka menurut padanya. Hal tersebut dianggap sebagai tindakan tak bijaksana seorang pemilik hewan yang seharusnya menyayangi peliharaannya. Bahkan akhirnya nyawa Chevy tak tertolong lagi.

amber2
http://blog.fido4ever.com/

Selain hukuman tersebut, Amber juga dikenai denda sebesar Rp 5.8 juta, serta hukuman penjara 11 bulan potong masa tahanan. Meski telah mendapatkan hukuman setimpal, banyak penyayang hewan masih menganggap hukuman atas Amber tidaklah seberapa dibanding penderitaan yang ia berikan pada kedua anjingnya. Dimana kini Darcie masih menjalani perawatan medis untuk kemudian menempati rumah bersama pemilik barunya setelah ia sehat kembali.