Ruang dalam bis tentu saja terbatas. Ketika “jatah” ruang tersebut dipakai seekor kucing yang menggunakan kereta dorong, layaknya bayi, seorang ibu bernama Mia Jade Wilson langsung protes. Bahkan foto kucing yang bersebelahan dengan bayi yang juga dalam kereta dorong tersebut merebak viral dan menimbulkan beragam komentar, terutama dari kalangan ibu seperti Mia, yang memiliki anak balita.

Cat in buggy pictured on bus 'is 13 years old and has liver failure'
metro.co.uk

Kejadian yang didapati Mia ketika menumpangi bis di Leeds, Inggris, itu dianggap tak seharusnya terjadi. Dimana kucing mendapat perlakuan terlampau istimewa, bahkan “mengambil” ruang yang seharusnya dipakai oleh ibu-ibu yang membawa bayi dalam kereta dorong. Pernyataan Mia memperoleh banyak dukungan dari sesama ibu-ibu pengguna bis, meski tak sedikit pula yang membela “si kucing” dengan menyatakan bahwa kucing juga memiliki hak untuk diperlakukan dengan baik dalam transportasi umum.

Menyadari polemik atas kucing yang kemudian diketahui bernama Scooby itu, Lindsey Elliott-sahabat pemilik Scooby pun angkat bicara. Ia menyatakan bahwa situasi tersebut terjadi karena Scooby adalah kucing tua berumur 13 tahun yang menderita penyakit liver. Di hari tersebut, Scooby harus ke dokter karena kondisi tubuhnya lemah, sehingga ia menggunakan kereta dorong yang biasa digunakan oleh bayi.

Cat in buggy pictured on bus 'is 13 years old and has liver failure'
metro.co.uk

Adapun pemilik Scooby menderita beberapa masalah kesehatan yang cukup serius, dimana Scooby membantunya sebagai kucing terapi selama ini. Karena kondisi kesehatan tersebut, tak memungkinkan bagi sahabat Lindsey untuk menggendong Scooby yang tergolong kucing bertubuh besar dengan berat hampir 6 kg. Belum lagi faktor finansial yang dihadapinya, sehingga ia tak memiliki pilihan lain, selain membawa Scooby menggunakan kereta dorong dan menaiki bis.

Dijelaskan juga bahwa pemilik Scooby telah meminta ijin pada sopir bis dan si sopir memperbolehkan. Demikian pula ketika Mia protes di dalam bis, sahabat Lindsey sempat berupaya memindahkan Scooby namun sopir bis malah melarangnya.

Cat in buggy pictured on bus 'is 13 years old and has liver failure'
metro.co.uk

Keberadaan Scooby sangatlah penting bagi sahabat Lindsey, melebihi yang diketahui kebanyakan orang tentang kucing peliharaan. Terlebih Mia. Tanpa bermaksud membela sahabatnya, maupun Scooby, Lindsey menghimbau kejadian tersebut mampu membuka mata banyak orang untuk bertoleransi dan mengerti akan arti seekor kucing bagi sebagian orang, sahabat Lindsey adalah salah satunya.