Seperti kisah penculikan dalam film-film, seorang gadis bernama Kelsey K tak kenal lelah melacak kasus penculikan atas kucingnya, Cuqui. Tak tanggung-tanggung, lebih dari 2 tahun Kelsey berjuang untuk menemukan dan membawa pulang Cuqui.

Setelah 10 tahun keluarga Kelsey mengadopsi dua ekor kucing, Cuqui dan saudaranya, Biscit, dari dari kerabat mereka, tiba-tiba saja di tahun 2014 Cuqui tidak pulang ke rumah. Kecurigaan Kelsey langsung tertuju pada Mary, tetangga keluarga mereka. Cuqui dan Biscit memang biasa bermain di pekarangan rumah, tak jarang mereka mengunjungi tetangga. Terlebih Mary, yang tinggal sangat dekat dengan rumah dan sayang pada kucing. Kelsey tak pernah melarang mereka, meski perlahan tampak perubahan terjadi pada Mary.

biscit and cuqui
Photo. Kelsey K

Mary mulai sering kali menumpuk sampah, dan membawa pulang kucing-kucing jalanan. Entah berapa banyak kucing yang berada dalam rumahnya. Mary juga tak mengijinkan siapapun masuk ke dalam rumah. Bahkan ketika Kelsey mencoba menanyakan keberadaan Cuqui. Sikap Mary layaknya seperti seorang hoarder, atau seorang yang gemar mengumpulkan barang atau hewan, juga sampah akibat gangguan jiwa. Mary juga menjadi kasar, hingga Kelsey melaporkannya ke polisi.

Namun sayang, polisi tak bisa berbuat banyak untuk menolong Kelsey. Padahal Kelsey sempat melihat Mary memangku dan membelai Cuqui di dalam rumahnya. Persoalan semakin runyam manakala Mary pindah entah kemana. Jejak Cuqui hilang bersama Mary.

cat rescued cuqui
Photo. Kelsey K

Pencarian pun dilakukan oleh Kelsey hingga dua tahun berselang. Tak ada petunjuk apapun yang bisa ditelusuri oleh Kelsey, sampai suatu hari Kelsey memperoleh informasi tentang keberadaan Mary. Sayangnya tak lama lagi keluarga Kelsey harus meninggalkan Colombia, Afrika Selatan. Dengan kata lain, kesempatan Kelsey untuk mendapatkan Cuqui kembali sangatlah sempit. Kecemasan mulai menghantui Kelsey, ia tak mau meninggalkan Afrika tanpa Cuqui.

cuqui cat drawing
Photo. Kelsey K

Ryan, kekasih Kelsey, membantu pencarian dan menemukan dua orang pemuda yang kebetulan mengenal pria yang tinggal serumah dengan Mary bernama Jeff. Alih-alih serupa dengan Mary, ternyata Jeff berkenan membantu. Bahkan Jeff mengajak dua pemuda itu untuk masuk ke dalam rumah menemukan Cuqui, diantara beberapa kucing Mary. Selain kucing Mary juga memelihara ayam dan babi, berkat Jeff semua hewan itu terawat dengan baik dan Mary lebih “terkendali” meski masih dalam kondisi yang sama.

cuqui back home with kelsey
Photo. Kelsey K

Akhirnya, setelah dua tahun lebih Kelsey berpisah dengan Cuqui, ia bisa bertemu kembali! Tanpa Jeff mungkin Cuqui tidak akan pernah pulang. Saking bahagianya Kelsey, sebuah pesta kecil digelar untuk merayakan kepulangan Cuqui dan rasa terima kasih pada Jeff. Tak ada yang lebih membahagiakan Kelsey kala itu, selain ia bisa memeluk Cuqui serta melihat Cuqui dan Biscit bersama lagi.

cuqui with biscit
Photo. Kelsey K
biscit and cuqui and dog
Photo. Kelsey K