Di suatu malam, tahun 1994, di Alabama. Doug James menemukan seekor anjing masih dengan nyala api dari hidung sampai ke ekornya. Anjing itu tampaknya berlari setelah seseorang yang ternyata pemiliknya sendiri membakarnya. Beruntung ia bertemu Doug yang kemudian menyelamatkan anjing yang diberi nama Gucci. Saat itu Gucci masih kecil, ketika api padam dari tubuhnya ia bersembunyi dibalik dedaunan. Sampai ia yakin bahwa Doug tidak akan menyakitinya.

Doug James membawa kasus tersebut ke jalur hukum dengan menyeret pemilik Gucci ke pengadilan. Namun alangkah kecewanya Doug James ketika hukuman hanya dijatuhnya selama 6 bulan saja pada pemilik Gucci yang telah menggantung anjingnya lalu membakarnya hidup-hidup.

Doug tak mau tinggal diam, atas nama Gucci ia berjuang untuk mencari keadilan bagi anjing-anjing lain yang mengalami nasib seperti Gucci. Hingga di tahun 2000, di Alabama berlaku hukum baru menyangkut kekerasan pada hewan, yang dikenal dengan nama Gucci’s Law. Bahkan di negara bagian lain di Amerika, keadilan bagi hewan pun disuarakan guna mengganjar para pelaku kekerasan pada hewan dengan setimpal.

Gucci menjadi bagian dari sejarah hukum kekerasan pada hewan di Amerika dan dikenang hingga kini. Sebuah dokumenter berjudul “A dog named Gucci” dipersembahkan untuk Gucci, sebagai penghargaan terhadapnya dan perjuangan hidup Gucci. Sejak pertemuan dengan Doug James, Gucci dirawat dan diadopsi oleh Doug. Mereka hidup bahagia bersama sampai 16 tahun lamanya, Gucci meninggal dunia tahun 2010 dengan damai.