Dalam budaya Amerika Latin, setiap gadis yang berulang tahun ke-15 tahun, selalu dihadiahi gaun istimewa yang dalam bahasa Spanyol disebut quinceañera atau “fifteen-year-old” dalam bahasa Inggris. Kebetulan seekor kucing bernama Luna tinggal bersama keluarga Amerika Latin sedari kecil, pemiliknya adalah Angel Olavarria.

Courtesy. Angel Olavarria

Dahulu Luna hidup di jalanan, keluarga Angel menolong sekaligus mengadopsinya. Sejak itu Luna hidup bahagia bersama keluarga, dan menikmati tahun-tahun penuh kegembiraan diiringi perayaan ulang tahun di setiap tahunnya. Sampai usia Luna mencapai 15 tahun, ibu Angel memikirkan perayaan dan hadiah istimewa bagi Luna seperti halnya yang biasa dilakukan para ibu Amerika Latin untuk anak putrinya sesuai budaya. Diantaranya, memberi Luna quinceañera!

Courtesy. Angel Olavarria
Courtesy. Angel Olavarria

Selama ini Luna sudah sangat terbiasa mengenakan kostum. Tetapi baru kali ini Luna memiliki gaun seperti layaknya gadis remaja Latin, ditambah dengan pesta meriah dan sebuah kue tradisional Tres Leches. Seluruh keluarga serta 12 tamu undangan menghadiri ulang tahun Luna. Keluarga Angel seperti memiliki gadis remaja ‘baru’ di rumah.

Courtesy. Angel Olavarria
Courtesy. Angel Olavarria

Meski di dunia kucing sebenarnya Luna tergolong kucing tua, bahkan ia hanya tinggal memiliki beberapa gigi saja, tetapi Luna tetaplah kucing manis yang manja dan senang dibelai siapapun. Luna juga seolah tahu bahwa keluarga mengadakan pesta ulang tahun untuknya. Selama perayaan Luna selalu terjaga dan mengenakan gaunnya dengan elegan. Luna akan tetap menantikan banyak ulang tahun di masa mendatang bersama keluarga yang mencintainya.

Courtesy. Angel Olavarria
Courtesy. Angel Olavarria