Banyak hal yang menjadi alasan untuk memelihara anjing, tapi juga banyak alasan untuk menyerah memeliharanya. Tak ayal, penampungan anjing selalu penuh sesak, belum termasuk anjing-anjing tak ‘bertuan’ berkeliaran di jalan akibat diterlantarkan atau sengaja dibuang. Namun dari sekian banyak alasan yang dimiliki seseorang untuk berhenti memelihara anjing, terdapat satu alasan yang seharusnya menjadi pertimbangan utama. Yakni, anjing peliharaan tak pernah mau ditinggalkan. Anjing setia selamanya pada siapapun yang menjadi pemiliknya.

Satu alasan tersebut tergambarkan dengan begitu mengiris hati dalam sebuah foto yang
diambil di penampungan anjing Collin County Animal Service in McKinney, Texas, dan menjadi viral di dunia maya. Seekor anjing campuran Great Pyrenees dan Australian Shepherd tampak memeluk kaki seseorang dengan wajah ketakutan.

dog

Foto tersebut berawal dari seorang wanita menemukan anjing berkeliaran di sekitar lingkungan rumahnya. Namun ia tak bisa memelihara, sehingga menyerahkannya ke penampungan. Tapi rupanya anjing itu sudah menganggap sang penolong adalah pemiliknya, maka ia tak mau ditinggalkan. Saat wanita itu akan pergi dari penampungan, anjing tersebut langsung memegangi kakinya dan memeluk. Ia ingin dimiliki selamanya. Ia sungguh merasa takut ditinggalkan.

Begitu dramatisnya kejadian tersebut terbingkai dalam foto, membuat beberapa pemilik anjing yang hendak menyerah memelihara mengurungkan niat. Mereka tak sampai hati bila nantinya anjing yang ditinggalkan akan begitu sedih seperti anjing dalam foto yang sudah sedemikian enggan berpisah, meski hanya baru beberapa saat merasa dimiliki oleh seseorang. Anjing memang hanya butuh waktu sebentar saja untuk mengenal kasih sayang, dan cukup satu kali saja ia merasakannya, tapi untuk selamanya.