Sejak berumur 5 bulan, anjing labrador bernama Fernie selalu diajak ikut ke sekolah oleh pemiliknya, Nik Gardner, yang juga guru di sekolah Winford Primary School, Inggris. Secara khusus Gardner tak pernah mengajarkan Fernie untuk membaca, tetapi mengajarinya sebagai service dog dalam program nasional “Dogs Helping Kids”, karena secara riset dibuktikan bahwa anjing bisa membantu anak-anak mengatasi masalah psikologis, seperti percaya diri yang rendah, kecemasan, konsentrasi belajar dan lain-lain. Namun yang terjadi pada Fernie justru lebih dari yang diharapkan, selain ia memang mampu membantu anak-anak secara kejiwaan, ternyata Fernie juga sangat pandai menyemangati anak-anak untuk belajar. Satu lagi, Fernie juga bisa membaca.

Headteacher Nik Gardner 38 who owns Fernie has taught him to respond to commands on flash cards

Begitu seringnya Fernie melihat anak-anak SD belajar membaca, rupanya ia pun ikut belajar membaca. Cukup dengan menuliskan perintah di selembar kertas atau flash card yang biasa digunakan anak-anak SD belajar membaca, maka ia akan menuruti perintah tersebut. 

Saat ini Fernie berusia 2 tahun, dan ia bisa membaca 20 instruksi tertulis. Sungguh luar biasa bagi seekor anjing belajar secara otodidak seperti Fernie. Keberadaan Fernie pun sangat didukung oleh para orang tua murid, dimana anak-anak mereka bisa nyaman berada di sekolah ditemani Fernie. Sementara anak-anak sih semuanya mencintai Fernie, anjing pandai yang membuat mereka senang berada di sekolah.

The two-year-old chocolate Labrador sits on the childrens laps which encourages them to read

Fernie has become a fixture at Winford Primary School in Somerset and motivates children in the classroom