Bila Sizlah adalah manusia, sudah pasti ia akan menggedor pintu dan berteriak kebakaran. Namun karena ia adalah anjing, maka Sizlah hanya bisa mengonggong sambil menggaruk-garuk pintu kamar pemiliknya untuk memberitahu bahwa rumah mereka kebakaran.
Sayangnya sang pemilik menganggap Sizlah rewel, sehingga malah menyuruh anjing jenis hungarian vizsla berusia 2 tahun ini untuk diam dan tidur. Namun Sizlah tidak berhenti, sambil bolak balik menuju ruang belakang dan kamar pemiliknya. Pasalnya di bagian belakang rumah, sebatang puntung rokok menyulut nyala api. Yang semula kecil, namun lama-kelamaan membesar. Maka sampai sejam Sizlah menggaruk pintu dan menggonggong barulah si pemilik menyadari bahaya kebakaran, karena bau asap sudah tercium dan hawa menjadi panas. Padahal jika ia bisa mengerti ‘maksud’ Sizlah, tentu rumahnya kini tak habis terbakar.

Pihak pemadam kebakaran di Melbourne Australia, tempat peristiwa itu terjadi, menyatakan sering kali pemilik mengabaikan peringatan dari anjing peliharaannya, sehingga terlambat memanggil pertolongan. Bayangkan saja jika tak ada Sizlah, mungkin tak hanya rumah yang terbakar namun juga bisa menimbulkan korban jiwa. Warga Melbourne kini menyebut Sizlah sebagai anjing pahlawan, karena kegigihan Sizlah menyelamatkan keluarganya dari musibah.