Kucing jagoan itu bernama Socks, alias kaos kaki. Ia memang memiliki 2 pasang kaki dengan bulu putih di bagian bawah yang mirip kaos kaki. Ester Spye, sang pemilik, sangat menyayangi Socks yang telah menemaninya dengan setia selama 17 tahun. Sehingga saat Ester kehilangan Socks, kesedihan dirasakannya setiap hari. Ia bahkan tak henti menyalahkan dirinya sendiri karena gagal menyelamatkan Socks pada musibah kebakaran yang begitu cepat meluluhlantakkan rumah mereka menjadi abu.

Kejadian itu begitu cepat. Api membakar hutan di British Colombia dan merambat ke pemukiman penduduk. Termasuk rumah Ester. Dalam keadaan panik dan terburu-buru, Ester segera menyelamatkan diri dengan membawa anjing peliharaannya. Ketika itu Ester berpikir kucing lebih lincah melompat ketimbang anjing, sehingga Socks akan mengikutinya dengan mudah. Ester keluar rumah dan membiarkan pintu terbuka lalu berlari menuju mobil. Namun Socks tak tampak di belakangnya. Terlambat bagi Ester untuk kembali masuk ke dalam rumah, karena api telah mengurung bagian dalam rumahnya. Dengan berat hati Ester meninggalkan rumah. Pikirannya kalut, khawatir Socks masih berada di dalam dan ikut terbakar.

cat returns safe after wildfire
Vancouver Sun

Ester menginap di sebuah motel di Cache Creek. Ia menanti api padam dan diperbolehkan oleh petugas untuk menengok rumahnya yang hanya tinggal puing-puing. Tak satupun barang selamat, tetapi bukan barang yang dicari oleh Ester, melainkan Socks. Sayangnya tak ditemukan jejak Socks sedikitpun, dalam hati Ester berdoa Socks berhasil meloloskan diri keluar dari jendela atau celah manapun di rumah. Namun berkali-kali, bahkan berhari-hari Ester memanggil dan mencari Socks, tetap saja Socks tak ditemukan. Pihak penyelamat hewan B.C SPCA pun telah membantu Ester menemukan Socks, namun selalu nihil.

Meski demikian harapan Ester akan Socks tak pernah surut, apalagi seekor kucing milik Angie Thorne, tetangganya tiba-tiba muncul setelah dianggap hilang. Padahal Mittens, nama kucing itu, baru berumur 7 bulan. Sementara Socks jauh lebih tua darinya, pasti tidak akan pernah lupa rumah mereka. Doa Ester tak pernah berhenti dari hari ke hari, sampai tak terasa sudah lebih dari 50 hari Socks menghilang.

cat returns safe after wildfire
Vancouver Sun

Di hari ke-52, Ester mendapat panggilan telepon dari Shirley Wilson, keponakan, sekaligus tetangga yang tak jauh dari lokasi rumah Ester yang terbakar. Shirley mendengar suara kucing di luar rumah, saat membuka pintu, ia terperanjat karena Socks duduk di depan pintu rumahnya! Kebahagiaan tak terkira dirasakan Ester ketika bertemu kembali dengan Socks. Entah bagaimana Socks meloloskan diri dari maut, dan kemana saja ia selama ini. Hanya Socks yang tahu. Ia bahkan tak mengalami cedera sedikitpun. Ester memeluk dan menciumi Socks, serta berjanji tak akan pernah membiarkan Socks jauh dari sisinya lagi.