Sheikh Saleh Bin Fawzan Al-Fazwan, anggota dari Dewan Ulama Senior Saudi Arabia menyatakan larangan bagi warga Saudi untuk berfoto bersama kucing atau anjing, atau hewan peliharaan lainnya karena tak sesuai dengan budaya negara Islam yang ultra konservatif seperti Arab Saudi.

King Abdullah bin Abdulaziz

Pernyataan tersebut disampaikan melalui siaran televisi yang dilansir oleh Newsweek. Meniurut Sheikh Saleh Bin Fawzan Al-Fazwan, larangan tersebut dimaksudkan agar orang-orang berhenti menjadi bagian dari budaya barat, atau mengikuti tren barat. Hal tersebut cukup mengagetkan banyak orang, karena sebelumnya di Arab cukup banyak orang yang berfoto dengan kucing mereka dan mengunggahnya di sosial media.

Tak sekedar menyoal hewan, sejak bulan Januari tahun inipun terdapat larangan untuk mengunggah atau menyebarkan foto catur yang dianggap bisa menjadi pemicu terjadinya perjudian. Hingga tokoh kartun Pokemon pun dilarang peredarannya, karena seolah mempromosikan agama lain dengan mempopulerkan sebagai bintang Daud.

Kembali ke soal kucing, meski banyak netizen penyayang kucing berkeberatan dengan aturan tersebut, namun tak ada yang bisa dilakukan, selain menaatinya.