Dua ekor anjing dilaporkan warga Meridian, Idaho, Amerika karena dianggap mengganggu ketentraman, juga mengancam keselamatan. Pasalnya kedua anjing itu tampak beringas dan sulit didekati. Warga sebenarnya sudah mencoba untuk mengamankan dengan menghubungi pemilik anjing, tapi rupanya sang pemilik sedang tidak berada di rumah. Kemungkinan, kedua anjing tersebut kabur dari rumah yang tak terlalu jauh dari lokasi dimana mereka “meneror” warga.

David Gomez, petugas polisi yang bertugas menangani masalah tersebut meluncur menuju lokasi. Bukan pertama kali David menghadapi situasi seperti itu. Bahkan kepolisian bisa menerima ratusan laporan akan kasus sejenis. Dan selama ini David tak pernah menemukan kesulitan yang berarti di lapangan. Biasanya saat anjing yang dilaporkan ganas oleh warga, ekor mereka mengibas saat didatangi polisi. Mereka mudah ditangkap, lalu diantarka pulang ke rumah pemiliknya. Kecuali bila anjing liar, biasanya polisi akan bekerja sama dengan pihak Animal Control untuk membawa ke penampungan.

Sesampai di lokasi, David baru menyadari bahwa kedua anjing itu tidaklah sama seperti anjing-anjing lain yang sebelumnya pernah ia temui. Kedua anjing benar-benar beringas! Mereka tak hanya menggonggongi tetapi juga berani mendekati David dan siap untuk menyerang. Situasi sangat menyulitkan bagi David. Ketika itu ia meminta warga untuk masuk ke dalam rumah masing-masing agar situasi tenang, sehingga tak menambah stress pada anjing.

Intruksi David dituruti warga, dan kini hanya tinggal David VS dua anjing ganas di jalanan. Saat itu David menghubungi Animal Control, ia merasa butuh seorang pawang hewan untuk membantu menangkap kedua anjing tersebut. Sambil menunggu datangnya bantuan, David tetap berusaha menangani situasi. Ia “mempersenjatai” diri dengan tongkat dan cairan mereka. David harus waspada akan segala kemungkinan yang terjadi, namun ia pun sadar tak boleh mencederai keduanya.

3-david-gomez

Dibalik keberingasan anjing, sebenarnya ada sesuatu yang ingin disampaikan mereka namun manusia tidak mengerti. Maka David mencoba berbagai cara untuk memahami keinginan dua anjing tersebut. Yang pasti keduanya tak mau ditangkap. Saat didekati mereka bukannya menjauh, malah ikut mendekat dan dikhawatirkan menyerang. Namun mereka tetap pada posisi, bila David pun tak beranjak.

davidgomezCapture

Untuk anjing rumahan yang serba terpenuhi kebutuhan makannya, tak mudah dibujuk dengan makanan. Maka David pun berpikir hal-hal yang menyenangkan, yang biasa dilakukan mereka dengan pemiliknya. Namun sayang David tak membawa mainan anjing guna ‘mencuri’ perhatian mereka. Tapi ada satu ide lainnya yang bisa dicoba, yaitu jalan-jalan! Lalu David pun membuka pintu mobilnya dan memanggil kedua anjing itu seperti ajakan bermain. Apa yang terjadi? Keduanya berlari gembira dan masuk ke dalam mobil! Voila!

4-david-gomez

David lalu bersiap di belakang kemudi, sebelum perjalanan mengantar kedua anjing itu pulang, ia membatalkan kedatangan Animal Control. Tapi David tak langsung mengajak mereka pulang, sesuai janjinya ia mengajak kedua anjing itu berjalan-jalan sebentar, lalu menuju ke rumah. Tak lupa ia menitipkan pesan pada pemilik anjing untuk berhati-hati agar peliharaannya tak keluar rumah tanpa pengawasan. Karena di wilayah Idaho, pemilik bisa dituntut secara hukum bila didapati anjing mereka menganggu ketertiban dan meresahkan warga.