Berbeda dengan biarawan pada umumnya, Carmelo atau biasa dipanggil “Brother Carmelo”, merupakan biarawan dengan perawakan lucu dan tingkah menggemaskan. Bagaimana tidak? Carmelo adalah seekor anjing yang tinggal di sebuah biara di Cochabamba, Bolivia. Ia adalah anjing istimewa yang menganggap dirinya bagian dari para biarawan. Termasuk mengenakan pakaian serupa.

Image credit. Kasper Mariusz Kaproń Ofm
Image credit. Kasper Mariusz Kaproń Ofm

Sebenarnya tak ada paksaan bagi Carmelo untuk ikut menjadi “biarawan”, namun lingkungan sehari-hari membuat Carmelo “terpanggil” untuk melakukan segala hal yang menjadi tugas biarawan. Termasuk melaksanakan khotbah. Setiap hari Brother Carmelo selalu mendatangi kolam ikan dan mulai “berkhotbah” pada ikan-ikan di dalamnya. Entah apa yang disampaikan, tetapi Carmelo pasti mengajarkan kebaikan. Ia juga tidak pernah mengganggu para ikan, meski kadang Carmelo gemas lalu mencelupkan kaki ke kolam untuk memegang ikan.

Image credit. Kasper Mariusz Kaproń Ofm

Sebagaimana biarawan lain, keseharian Brother Carmelo pun cukup sibuk. Ia menyadari kewajibannya untuk bermain dan berlari-lari, juga tidur siang. Terkadang Brother Carmelo juga turut menyambut tamu yang datang ke biara. Apalagi setelah kisah Carmelo sebagai biarawan berkembang viral di internet dan menjadi pemberitaan di media, banyak tamu datang secara khusus untuk bertemu dengannya.

Image credit. Kasper Mariusz Kaproń Ofm
Image credit. Kasper Mariusz Kaproń Ofm

Carmelo yang dijuluki Friar Bigotón atau ‘kumis’ dalam bahasa Spanyol itu, tak pernah melupakan teman-temannya di penampungan “Proyecto Narices Frías”, tempat dimana ia dahulu berasal. Berkat kisah dan keramahan Carmelo, banyak orang tergerak untuk mengadopsi anjing-anjing penampungan. Brother Jorge Fernandez, “rekan” sesama biarawan, menyatakan bahwa Brother Carmelo telah memberi karunia tidak hanya bagi anjing lain dimanapun, tetapi juga bagi banyak orang. Carmelo membuat mereka tersenyum, merasa bahagia, bahkan merasakan kasih sayang setelah mengenal kisahnya.

Image credit. Kasper Mariusz Kaproń Ofm