Mengajar dan mencintai murid-muridnya membuat pria berumur 41 tahun bernama Yu Guangmo menolak untuk menyerah pada penyakit yang ia derita. Malah sebaliknya, ia melawan kanker otak yang menderanya sejak tahun 2012. Bagi Yu Guangmo, pekerjaannya sebagai dosen justru membuat ia memiliki tujuan hidup sehingga terus bersemangat.
Pihak Universitas Wuhan Cina, tempat Yu mengajar, telah meminta Yu untuk beristirahat karena penyakitnya. Namun Yu bersikeras tetap mengajar, meski di kelas ia harus beberapa kali duduk akibat kelelahan. Sejak Yu menerima vonis atas keadaan dirinya, Yu sudah menjalani operasi otak dan mata, tetapi kondisinya tidak membaik. Hingga kini ia harus menjalani cuci darah 3 kali dalam seminggu, dan akan seterusnya demikian selama ia belum mendapat transplantasi ginjal.
Tak hanya murid-murid yang diajar oleh Yu, namun sejak berita tentang Yu tersebar, banyak orang yang meneladani kegigihan Yu untuk terus mengajar dan tak berputus asa akan sakitnya. Banyak doa bagi kesembuhan Yu, meski kondisi Yu tampak semakin lemah. Tapi baginya, kondisi apapun tak mengurangi semangatnya untuk berada di kelas dan mengajar murid-muridnya.