Sepulang berlibur ke Cina bersama keluarganya, Beau Jessup yang masih bersekolah di sebuah sekolah menengah di Gloucestershire, Inggris, mencetuskan ide unik yakni membuat situs yang bisa digunakan orang-orang Cina untuk membuat nama bayi mereka dengan menggunakan nama Inggris. Terkesan konyol, bukan? Namun dari situs tersebut kini penghasilan Beau mencapai Rp 836,5 juta. Wow!

Hasil gambar untuk Beau Jessup chinese name
mirror

Ide Beau bermula ketika ia makan malam, seorang warga Cina meminta tolong Beau untuk memberikan nama bagi bayinya yang baru lahir. Beau baru menyadari bahwa nama Inggris menjadi penting untuk orang-orang Cina saat ini, agar kelak bayi mereka tak sulit bila melanjutkan studi di luar negeri, terutama Inggris, juga untuk berbisnis. Kendala bagi para orang tua Cina adalah keterbatasan kosa kata mereka dalam berbahasa Inggris, sehingga kreativitas Beau sangat menolong mereka.

Klien pertama gadis berumur 16 tahun itu adalah teman ayahnya, seorang Cina yang ingin memiliki nama Inggris. Dalam penamaan, Beau tidak melakukannya dengan asal. Ia juga memperhitungkan budaya Cina yang melibatkan unsur kelahiran (tanah, api, kayu, air, logam) dan karakter bayi mereka. Setiap nama yang diajukan Beau disertai sertifikat berikut arti nama tersebut dan contoh orang terkenal yang menggunakan nama itu. Beau merasa prihatin banyak orang Cina menamai anaknya secara keliru karena hanya berpatokan berbau ‘barat’, maka tak heran ada yang menamai anak dengan nama Harry Potter bahkan Lord of The Rings.

Tarif setiap nama tidaklah mahal, hanya sekitar Rp 100 ribu saja. Maka jasa pembuatan nama milik Beau cukup laku di kalangan orang Cina. Sejauh ini sudah ratusan nama yang dibuat Beau dan sangat memuaskan kliennya. Meski Beau tak menganggap bisnisnya serius, namun ia menyatakan sangat menyenangkan. Dan ia sangat bahagia bisa menjadi bagian dari kehidupan seseorang, dimana harapan agung orang tua atas anaknya tersematkan selamanya melalui sebuah nama.

Hasil gambar untuk Beau Jessup chinese name
huffingtonpost