Di masa lalu, ketika para pria India ditugaskan untuk melindungi raja, maka para wanita memiliki tanggung jawab untuk mengurusi pertanian dan perdagangan. Sejak itu, di abad ke-16, konon pasar bernama Ima Keithel yang terletak di kawasan Manipur, India, mulai ada. Dimana seluruh pedagang di sana adalah wanita, hingga kemudian pasar tersebut terus berdiri hingga lebih dari 500 tahun lamanya. Sampai saat ini pasar Ima Keithel, yang sering disebut “Mother’s Market” oleh para turis, masih beroperasi dan masih memegang tradisi. Yakni seluruh pedagang adalah wanita, dan hanya wanita yang sudah menikah boleh berjualan.

Meski beberapa kali pasar terancam ditutup, terlebih setelah terjadinya gempa yang menewaskan 9 orang di kawasan tersebut, namun pasar itu masih bisa ada dan ramai dikunjungi hingga kini. Malah menjadi obyek wisata yang membuat orang penasaran untuk melihat para pedagangnya. Benarkah semuanya wanita? Bisa jadi Ima Keithel merupakan satu-satunya pasar unik di dunia, dimana semua kios dan lapak di sana dijaga oleh wanita.

Adapun barang yang dijual di pasar Ima Keithel tak jauh berbeda dari pasar lainnya, yaitu menjual kebutuhan rumah tangga. Namun tentu saja kini lebih modern, tidak sebatas hasil pertanian seperti jaman dahulu kala. Terdapat juga beragam kerajinan tangan lokal, sebagai daya tarik bagi turis untuk membawa pulang ‘budaya’ India ke kampung halaman masing-masing. Termasuk membawa pulang kenangan dikelilingi wanita di dalam pasar 🙂