Dampak menurunnya angka kriminalitas di Belanda setiap tahun menyebabkan penjara tak memiliki penghuni baru, sehingga hanya dihuni oleh narapidana lama yang semakin menua dan banyak sel yang kosong. Namun menutup penjara bukan solusi yang mudah, karena ribuan pegawai penjara akan kehilangan pekerjaan.

Dutch prisoner in Esserheem
bbc.com

Belanda sudah menutup beberapa penjara, diantaranya penjara Het Arresthuis di Roermond, yang kemudian beralih fungsi menjadi sebuah hotel mewah. Bahkan pihak hotel pun sudah membuat ancang-ancang untuk membangun hotel baru jika ada penjara lain yang ditutup. Namun demi Kementerian Kehakiman Belanda rupanya memiliki solusi lain agar penjara kembali efektif, yakni dengan menyewakan sel-sel tahanan. Tentu bukan disewakan untuk tamu layaknya hotel, melainkan untuk narapidana dari negara lain.

Hasil gambar untuk netherland prison Het Arresthuis Roermond hotel
www.hetarresthuis.nl

Dalam 5 tahun ke depan, dimana Belanda memperkirakan terdapat sekitar sepertiga sel tahanan kososng, negara terdekat seperti Belgia dan Norwegia dapat mengirim narapidana untuk ditahan di Belanda. Secara operasional pun akanlebih murah dibanding sebuah negara menambah penjara dan penjaganya. Win win solution, bukan?

nytimes.com

Selain angka kriminalitas menurun, penjara di Belanda ‘sepi’ karena sistem hukum Belanda saat ini tidak lagi menindak pelaku tindak kejahatan ringan dengan memasukkan mereka ke dalam sel. Program rehabilitasi dan pembauran masyarakat dinilai cukup mumpuni untuk ‘menghukum’ para warga ‘nakal’ agar dapat memperbaiki diri.

Prison yard
bbc.com