Nicholas Tate tidak berpikir panjang ketika membayari belanjaan seorang ibu kesulitan melakukan pembayaran. Saat itu Nicholas adalah kasir di supermarket Walmart, Oklahoma, dimana ibu itu berbelanja dengan menggunakan tunjangan sosial dari pemerintah untuk orang tidak mampu. Namun beberapa barang beserta susu untuk ketiga anaknya yang ikut bersama ibunya kala itu, ternyata tidak dapat dibeli melalui tunjangan sosial. Maka Nicholas harus mengecek dan memisahkan barang belanjaan, sementara antrian di jalur kasir semakin panjang. Beberapa orang bahkan mulai kesal dan marah-marah.

Meski jam kerja Nicholas akan segera berakhir, namun ia tetap melayani si ibu yang mulai kebingungan dan menangis. Ia juga meminta orang-orang yang mengantri untuk pindah ke kasir lain. Nicholas menyadari ibu dengan tiga anak itu baru pertama kali menggunakan tunjangan sosial untuk belanja, sehingga tidak mengerti barang apa saja yang masuk dalam daftar tunjangan bahan pokok bagi kaum miskin. Pemerintah Amerika memang mengeluarkan tunjangan sosial WIC (Women, Infants, and Children), yakni tunjangan belanja bahan pokok yang diperuntukan bagi wanita, bayi dan anak-anak tidak mampu. Walmart adalah salah satu tempat dimana mereka bisa menggunakan tunjangan tersebut.

Image result for nicholas tate
LittleThings

Tidak hanya memisahkan barang, tanpa ragu Nicholas menggesek kartu kreditnya untuk membayari belanjaan yang tidak termasuk dalam tunjangan, sekitar Rp 780 ribu. Alasan Nicholas sangat sederhana, ia merasa bisa membantu ibu tersebut maka ia pun melakukannya. Sementara orang-orang yang berada di sekitar merasa heran dengan tindakan Nicholas. Tetapi Nicholas tak menggubris pandangan orang lain, sebaliknya ia mengaku bahagia bisa menolong kesulitan seorang ibu.

Image result for nicholas tate
foxnews.com

Sebelum pergi, dengan berlinang air mata, ibu itu mengucapkan terima kasih serta menitipkan rasa terima kasihnya pada ibu Nicholas. Menurutnya, hanya seorang ibu luar biasa yang mampu mendidik anak menjadi seorang yang berhati mulia seperti Nicholas.