Bila di Hollywood terdapat “Walk of Fame”, di Manilla, Filipina ada yang dinamakan “Walk of Shame” atau dapat diartikan sebagai “Perjalanan Memalukan”. Meski sebutannya mirip namun jelas jauh berbeda dengan kemasyuran yang ada di Hollywood, pelakunya pun bukanlah selebritis, melainkan pelaku narkoba.

“Walk of Shame” digagas oleh wali kota Tanauan, Antonio Halili, sebagai “hukuman” bagi para pelaku narkoba. Aksi tersebut telah dilaksanakan oleh 9 pelaku narkoba yang tertangkap, dimana mereka menggotong bersama sebuah peti mati kosong dan berjalan mengitari kota utama di Provinsi Batangas. Mereka juga membawa sebuah spanduk bertuliskan “Kuburkan setan narkoba di bulan Agustus”.

Diharapkan selain hukuman yang nantinya akan dijatuhkan oleh pengadilan, hukuman “Walk of Shame” tersebut akan membuat pelaku jera, serta mencegah berkembangnya pelaku lain dalam bisnis narkoba karena ancaman hukuman yang dapat membuat malu secara sosial. Walaupun gagasan Halili menuai kontroversi, namun tak menghentikan Halili merealisasikannya.