Dari penelitian yang dilakukan oleh Prof. Hillard Kaplan dari University of Mexico, ditemukan hanya 1 dari 10 orang Suku Tsimane yang berpotensi berpenyakit jantung. 9 orang lainnya tidak. Fakta yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet tersebut, tentu menggegerkan dunia. Terlebih Kaplan menyebutkan bahwa Suku Tsimane memiliki jantung paling sehat di dunia!

photo: Tsimane family that stands like in American Gothic
Photo: M. Gurven/unm.edu

Kaplan memulai penelitiannya karena rasa penasaran saat mengetahui tidak ada seorang pun yang berpenyakit jantung di Suku Tsimane, yang hidup di negara Bolivia, Amerika Selatan. Kaplan baru meyakini kebenarannya setelah ia sendiri melakukan studi observasi di 85 desa di sana. Meski 1 dari 9 orang dalam rentang usia 40-94 tahun diketahui memiliki risiko berpenyakit jantung, namun risiko itupun tergolong dalam tingkat rendah.

Hasil gambar untuk tsimane bolivia people
Medical Xpress
photo: Tsimane musicians at a party gathering in Cosincho
Photo: E. Schniter/unm.edu

Suku Tsimane ternyata memiliki pembuluh darah yang keras sehingga tidak rentan terhadap serangan jantung. Kondisi tersebut tidak mereka miliki sejak lahir, melainkan terjadi dari pola hidup mereka yang sehat. Suku Tsimane lebih banyak melakukan aktivitas fisik dibanding pola hidup manusia jaman sekarang pada umumnya. Mereka juga masih mengonsumsi makanan alami, tanpa olahan, apalagi lemak jenuh. Suku Tsimane tidak mengenal rokok dan gaya hidup tidak sehat ala perkotaan. Tak heran mereka selalu sehat dan panjang umur. Bayangkan, jantung orang Tsimane berumur 80 kondisinya sama dengan jantung orang Amerika berumur 50 tahun!

photo: A Tsimane husband, two wives, and children
Photo: M. Gurven/unm.edu