Di tengah pemberitaan kehidupan wanita India yang sering memilukan, keberadaan tiga wanita di kesatuan Angkatan Udara India menjadi harapan bagi wanita India lainnya untuk memiliki kehidupan lebih baik dan kesetaraan. Juga mengubah pandangan dunia tentang wanita India yang sering kali tergambarkan tertindas dalam kungkungan adat dan tradisi di sana.

 

Avani Chaturvedi, Mohana Singh serta Bhawana Kanth lulus dari Akademi Angkatan Udara di Dundigal dan resmi mendapat penugasan dari Menteri Pertahanan India, Manohar Parrikar, untuk berada dalam kesatuan tempur angkatan bersenjata India. Ketiga wanita itu masih berusia 20 tahunan, masa depan mereka masih sangat panjang untuk mengabdi pada negara dan menjadi figur wanita India di masa kini. Mohana Singh malah menjadi generasi ketiga di keluarganya yang ada di angkatan bersenjata India, setelah ayah dan kakeknya. Mohana bahkan ingin menjadi pilot tempur terbaik India demi memberi kebanggaan pada keluarga.

Saat ini Mohana, Avani, dan Bhawana ditempatkan di pangkalan udara Bidar atau Kalaikunda untuk menjalani pelatihan terbang, serta mempelajari manuver tempur intensif dan menembak sebelum bergabung dalam skuadron tahun depan. Meski ketiga wanita tersebut telah membuktikan bahwa wanita mampu berada di garis depan pertahanan negara, namun Angkatan Darat dan Angkatan Laut India sama sekali tak memiliki rencana untuk melibatkan wanita dalam kesatuan infanteri, korps lapis baja atau artileri, ataupun penugasan di kapal perang.