Mungkin alasan seorang pelatih kebugaran asal Italia, Laura Mesi, untuk menikah dengan dirinya sendiri sangat tidak masuk di akal. Memang benar bahwa setiap orang harus mencintai diri sendiri, tetapi bukan berarti harus membuat ikatan pernikahan juga kan? Rasanya aneh ketika seseorang berjanji setia, sehidup semati dan selalu mencinta pada diri sendiri. Tetapi itulah yang dilakukan Laura, ketika ia tak juga menemukan pasangan saat usianya mencapai 40 tahun.

laura mesi
bbc.com

Sebelumnya Laura pernah berhubungan dengan beberapa pria dan berencana untuk menikah. Namun kisah cinta Laura selalu berakhir pilu. Hingga Laura memutuskan untuk melakukan sologami, atau menikah dengan dirinya sendiri dengan sebuah resepsi layaknya pernikahan biasa. Laura menghabiskan sekitar Rp 202 juta untuk acara pernikahannya, yang dihadiri beberapa tamu undangan dan keluarganya.

laura mesi
bbc.com

Laura bukanlah satu-satunya orang yang melakukan sologami. Maka baginya sologami bukanlah suatu tindakan yang aneh. Bahkan kini banyak pula penyedia layanan “pernikahan sendiri” menyerupai wedding organizer, lengkap dengan perjalanan bulan madu yang tentunya akan dijalani sendirian oleh sang pengantin.

An Italian fitness instructor who became fed up of searching for Mr Right for 20 years has found the answer staring her in the face all along - and has married herself
dailymail.co.uk

Belakangan sologami menjadi alternatif pernikahan bagi orang-orang yang tak juga berhasil mendapatkan pasangan, atau yang tak lagi percaya ikatan pernikahan dengan orang lain. Bertambahnya pelaku sologami, salah satunya dipicu oleh kegagalan hubungan dan keretakan rumah tangga yang semakin meningkat.

Laura Mesi invited 70 of her nearest and dearest to her wedding after failing to find a soulmate
dailymail.co.uk