Wanita asal Verbania, Italia, bernama Emma Morano baru-baru ini merayakan ulang tahun ke-117 tahun, sekaligus menjadi wanita tertua di dunia. Kondisi kesehatannya baik, masih dapat mengingat dan melakukan banyak hal tanpa bantuan orang lain. Emma benar-benar merasa beruntung dapat hidup lama dan bahagia.

Kunci panjang umur Emma diakuinya berkat keputusannya untuk tidak menikah lagi. Dulu Emma pernah menikah dan merasa tidak bahagia, kemudian bercerai di tahun 1938. Tetapi saat itu masih belum ada hukum perceraian di Italia, maka Emma baru resmi bercerai tahun 1970. Sejak berpisah dengan suaminya, Emma memutuskan untuk tidak menikah lagi. Dalam wawancara dengan The New York Times di tahun 2015, Emma bahkan menyatakan menjadi seorang wanita lajang dan mandiri telah membuatnya tidak banyak pikiran sekaligus bahagia, tanpa dominasi dari siapapun. Hal itu merupakan resep panjang umur Emma.

Emma Moreno

Meski demikian dokter pribadi Emma selama 27 tahun ini, Dr Carlo Bava, mengungkapkan kebiasaan makan Emma sangat mendukung kondisi kesehatannya untuk panjang umur. Emma tak pernah mengonsumsi banyak makanan, hanya sedikit sayuran dan buah-buahan. Ia makan tiga telur sehari. Telur mentah di pagi hari, omelet di sore hari dan mengiringi daging ayam di malam hari. Lagi pula Emma sudah tak memiliki satu gigi pun saat ini, sehingga tak banyak pula yang bisa ia makan.