Percaya atau tidak, di jaman sekarang tak semua orang memiliki teman. Maka sebuah perusahaan di Jepang memberikan jasa yang “tidak biasa”, tetapi sangat laris diminati orang. Yakni, jasa sewa teman.

Perusahaan bernama Family Romance tersebut menawarkan jasa menyewakan orang untuk menjadi teman sesaat. Jasa tersebut dilengkapi layanan yang disebut Real Appeal, dimana penyewa bisa meminta karakter teman yang mereka inginkan. Misalnya, penampilan, latar belakang, kepribadian, dan lain-lain. Pokoknya teman impian akan hadir dalam sekejap dan menemani dalam durasi sewa.

Image result for friend for hire family romance japan
culture trip

Si teman ini akan benar-benar bersikap seperti teman sungguhan, bahkan tak keberatan foto-foto kebersamaan diunggah di media sosial demi menunjukan si penyewa memang memiliki teman. Dalam konteks tersebut, perusahaan memberi layanan foto dengan sudut pengambilan gambar yang mumpuni untuk memperkuat kesan “pertemanan”.

Image result for friend for hire family romance japan

Sayangnya jasa teman sewaan seperti ini hanya ada di Jepang. Biaya sewanya pun tidak bisa dikatakan murah, yakni USD 70 atau Rp 935 ribu untuk satu orang “teman”. Tinggal kalikan saja dengan berapa banyak teman yang diinginkan. Harga tersebut belum termasuk biaya jalan-jalan, dimana penyewa harus mentraktir si teman, membayari ongkos perjalanan dan akomodasi. Mahal juga yaa… namanya juga teman sewaan, kalau teman sejati sih gratis dan tanpa ada durasi kebersamaan. Bahagianya pun nyata, bukan sesaat dan kesepian lagi sesudahnya.