Jangan heran bila melihat kulkas di depan rumah warga di Dubai selama bulan Ramadan. Memang sengaja warga menaruh kulkas di situ, bukan kosong lho, malah berisi penuh makanan dan minuman. Siapapun yang mau, tinggal mengambil dengan cuma-cuma. Tradisi tersebut istilahnya adalah “Berbagi Kulkas”. Jadi apapun yang ada dalam kulkas memang dimaksudkan untuk dibagikan pada siapapun selama bulan Ramadan, tujuannya untuk orang-orang berbuka puasa.

Tradisi tersebut sebenarnya sudah lama ada di Dubai. Hanya saja jaman dahulu bukanlah kulkas yang ditaruh di depan rumah, tapi makanan dan minuman di atas meja. Sesuai perkembangan jaman, kulkas dianggap pas untuk membuat makanan dan minuman terjaga kebersihannya, tetap tahan lama, dan tentunya menyegarkan. Isi kulkas pun macam-macam, boleh apa saja. Namun biasanya serupa tajil untuk buka puasa khas Dubai.

Sebelumnya tradisi “Berbagi kulkas” sempat surut, meski tidak hilang sama sekali. Tetapi belakangan ini semakin marak lagi warga Dubai menaruh kulkas di depan rumah mereka. Bahkan melalui halaman Facebook “Sharing Fridges”, diinformasikan lokasi-lokasi dimana kulkas tersebut berada untuk memudahkan siapa saja yang membutuhkan makanan guna berbuka puasa. Pihak setempat pun mengetahuinya, sehingga tak mungkin seorangpun membawa lari kulkas. Selain di Dubai, di Spanyol pun ada tradisi “Berbagi kulkas” meski bukan di bukan dikhususkan untuk bulan Ramadan. Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki makanan berlebih, dan mencegah makanan rusak sehingga memilih untuk berbagi dengan sesama.

Berbagi ternyata memberi kebahagiaan ya, apalagi di bulan Ramadan 🙂