Nama Ludger Sylbaris bagaikan sebuah sejarah, karena bersanding dengan tragedi meletusnya gunung Pelee di Perancis yang menewaskan 40 ribu orang di kota kecil Saint Pierre. Tak ada saksi hidup yang bisa menggambarkan suasana mengerikan di tanggal 8 Mei tahun 1902 tersebut, selain Ludger. Maka hingga kini nama Ludger terus saja disebut sebagai seorang penjahat yang diberi kesempatan hidup kedua.

Hasil gambar untuk ludger sylbaris
okezone

Pasca bencana,  Ludger Sylbaris benar-benar meninggalkan kehidupan kelamnya. Ia mengikuti sirkus keliling Barnum & Bailey dengan julukan “Pria yang Selamat dari Kiamat”, untuk menceritakan bencana yang telah menewaskan puluhan ribu orang dan membakar ribuan rumah itu. Kesaksian Ludger menjadi kisah langka yang begitu ironis untuk didengar.

Hasil gambar untuk mount pelee eruption
todayifoundout.com

Dahulu Ludger adalah seorang pemabuk dan kerap berkelahi. Perilaku buruk Ludger sampai meresahkan Kota Saint Pierre, hingga akhirnya Ludger dijebloskan ke dalam penjara bawah tanah dengan tuduhan pembunuhan. Siapa sangka jika “kejahatan” itu malah membuat Ludger selamat dari bencana yang menghabisi seluruh warga kota.

Hasil gambar untuk ludger sylbaris

Letusan Gunung Pelee begitu dahsyat. Bangunan ambruk akibat gempa yang ditimbulkan, abu vulkanik  memblokir sinar matahari sampai puluhan kilometer, gelombang panas dengan suhu lebih dari 1000 derajat celsius menghanguskan kota. Termasuk membantai orang-orang yang sempat selamat dari reruntuhan bangunan saat gempa. Seolah tiada ampun, kota Saint Pierre hancur tak bersisa.

Hasil gambar untuk ludger sylbaris
husheduphistory.com

Namun di penjara bawah tanah tanpa jendela, dimana Ludger ditahan, keadaan justru menguntungkan. Ludger mengaku membasahi kain dengan air kencingnya sendiri untuk menutup rapat celah pintu kala ia menyadari adanya bahaya. Meski demikian tak pelak hawa panas tetap dirasakan olehnya, Ludger menderita luka bakar di sekujur tubuh. Namun ia selamat, bahkan mampu bertahan hidup selama 4 hari. Di hari kelima, teriakan Ludger terdengar oleh regu penyelamat.

Ludger Sylbaris akhirnya meninggal di tahun 1929 dalam usia 54 tahun. Semua kesalahannya dihapuskan oleh negara, dan namanya tercatat dalam sejarah bencana Gunung Pelee.

Hasil gambar untuk ludger sylbaris
tmaction