Dr. Jill Sackman, seorang dokter hewan senior dari klinik BluePearl, Washington, menyatakan bahwa anjing juga terkadang memiliki perasaan sama seperti manusia ketika mereka mengalami depresi. Meski faktor penyebab tidak sekompleks manusia, namun anjing tak mampu mengungkapkan ihwal depresi yang mereka derita. Pemilik pun hanya bisa mengetahui setelah perilaku anjing berubah.

Hasil gambar untuk dog won't eat
dogpedia

Anjing bukanlah makhluk yang moody atau berubah suasana hati dengan cepat, tidak seperti manusia. Maka lupakan soal lingkungan yang mungkin menjadi penyebab utama anjing depresi, prioritaskan untuk berpikir tentang kesehatan mereka. Dalam banyak kasus, gangguan kesehatan merupakan pemicu utama sebelum hal-hal lain yang mungkin menjadi sumber perubahan suasana hati anjing. Maka utamakan untuk mengecek kesehatan anjing, sebelum berpikir anjing ingin jatah bermain atau jalan-jalan. Tak perlu memanjakan anjing secara berlebihan, karena tak menolongnya sama sekali.

dog-refusing-walk
notinthedoghouse.com

Membersihkan peralatan dan ruang tidur mereka, memberi makanan dan vitamin sesuai kondisi anjing, dapat menjadi langkah pertama yang sebaiknya diambil oleh para pemilik. Kesehatan memegang peranan penting dalam membangun mood anjing menjadi baik. Bila kesehatan terjaga namun anjing menunjukkan gejala depresi, seperti kurang nafsu makan, intensitas tidur terlalu tinggi, enggan bermain dan tidak responsif, maka bisa jadi anjing memang melakukan ‘protes’ pada kondisi lingkungan sekitar.

Hasil gambar untuk dog don't want to eat
wellnesspetfood.com

Dengan kata lain, penuhi kebutuhan biologis anjing terlebih dahulu, baru lakukan dukungan psikologisnya. Namun jangan pisahkan kedua hal itu, karena saling berkaitan dan jangan salah mengambil prioritas dalam penanganannya. Terkadang, masalah kesehatan tak terlalu berpengaruh juga kok pada anjing-anjing yang bahagia