Dua ekor kucing ditemukan sekarat, bahkan salah satunya memiliki borok parah di mata akibat infeksi dan terancam buta bila tak segera dioperasi. Dibutuhkan banyak darah guna pembuatan serum demi menolong mereka, dan di saat itulah seekor anjing bernama Jammie menjadi pahlawan bagi kedua kucing malang itu.

jammiedogCapture

Jammie adalah anjing milik Sarah Varanini, wanita yang bekerja di pengayom hewan Society for the Prevention of Cruelty to Animals (SPCA) di Sacramento, California. Menurut Sarah, anjingnya telah beberapa kali mendonorkan darah dan tak mengganggu kesehatan Jammie. Bukan pertama kali SPCA melakukan pembuatan serum darah untuk pengobatan, dan darah anjing yang telah menjadi serum tak bermasalah saat bercampur dengan darah kucing karena bukan merupakan transfusi. Serum tersebut dijadikan obat tetes mata bagi kedua kucing tersebut.

Rescue dog Jemmie rubs noses with an orphaned cat who is receiving eye drops made from Jemmie's donated blood 

Serum darah merupakan bagian terbaik dari darah yang mampu mengobati infeksi parah pada mata, terbukti kedua kucing terlantar yang diselamatkan darah Jammie pun kini kondisinya membaik. Beberapa kucing lain yang pernah ditangani oleh SPCA dengan menggunakan serum serupa pun tak mengalami masalah kesehatan lanjutan. Namun masih terdapat perdebatan dari beberapa dokter hewan lain perihal penggunaan serum darah tersebut. Selain serum tetes mata yang dibuat dari darah hewan lain, ada pula serum yang terbuat dari dari pasien bersangkutan, disebut autologous serum eye drops.

Jemmie the rescue dog, who has stuck up a bond with the kittens and even allows them to play on her jungle gym