Ketika Danielle Finley melihat Phil pertama kali, ia menyangka Phil bukanlah seekor anjing. Sampai Phil menoleh dan memandangnya dengan hangat, barulah Finley tersadar bahwa yang dilihatnya adalah seekor anjing jalanan malang. Tubuh Phil kurus, dengan kulit keriput tampak di seluruh tubuhnya, akibat Phil kehilangan bulu. Beberapa kali Phil juga menggaruk-garuk, meyakinkan Finley jika Phil menderita jamur atau kutu yang biasa dialami anjing jalanan.

dog rescued from road
suggestedpost.eu

Namun yang mengejutkan Finley, setelah dibawa ke klinik hewan ternyata tidak didapati jamur di tubuh Phil. Tidak pula kutu. Kulit Phil rusak akibat garukan, yang entah dari mana rasa gatal itu datang. Finley merasa iba jika hidup Phil harus berakhir di penampungan, karena dengan masalah kesehatan yang belum diketahui penyebabnya itu, sudah bisa dipastikan Phil tidak akan mendapat adopter. Maka Finley memutuskan untuk membawa Phil pulang, sekaligus menyatakan diri sebagai orangtua Phil. Sejak itulah anjing malang yang ditemukan di perbatasan Pennsylvania memiliki nama. Ia gembira ketika orang-orang memanggilnya Phil.

dog rescued from road
suggestedpost.eu

Beberapa hari berada di rumahnya yang baru, Finley mendapati keanehan di gigi Phil. Rupanya gigi Phil bagian bawah tidak tumbuh dengan semestinya. Teori atas kondisi Phil berkembang, dimana kerontokan bulu yang ia alami dikarenakan masalah gigi. Mungkin selama ini Phil merasakan sakit gigi, meski ia makan dengan biasa saja. Atau kalaupun tidak merasa sakit, pertumbuhan gigi yang ganjil dapat membuat anjing mengalami ketidakstabilan emosi sehingga mengakibatkan stres. Salah satu dampak stres bagi anjing adalah kerontokan.

dog rescued from road
suggestedpost.eu

Walaupun kini gigi Phil sudah sembuh, namun kulit Phil membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat menumbuhkan bulunya kembali. Sementara di bagian tubuh Phil lain yang sempat tersisa sedikit bulu, telah kembali tumbuh dengan baik. Namun yang terpenting bagi Phil adalah ‘menyembuhkan’ stresnya. Berkat kasih sayang Finley serta keramahan dua anjing peliharaan Finley sebelumnya, Phil mampu meraih kebahagiaan sebagai seekor anjing.

dog rescued from road
suggestedpost.eu
dog rescued from road
suggestedpost.eu

Seperti pada manusia, stres pada anjing pun hanya bisa disembuhkan dengan menemukan penyebabnya, yang antara lain,
1. Sakit tidak ketahuan
2. Mendapat perlakuan buruk atau teraniaya
3. Berada di tempat yang tidak diinginkan (seperti diajak ke dokter, salon, atau dalam perjalanan)
4. Berada di sekitar anjing lain (seperti penampungan, taman bermain, penitipan anjing, dll)
5. Kesepian
6. Mendengar suara asing (seperti petir, petasan, terompet, dll)
7. Menjalani pelatihan di luar keinginannya
8. Beradaptasi dengan suasana dan anjing baru