Ana Barbosa membawa kucingnya bernama Gary ke rumah sakit hewan setelah mendapati perut Gary membuncit, saat itu diagnosa awal dari dokter adalah Gary menderita tumor di perut dan harus segera dioperasi agar tak menjadi kanker yang membahayakan tubuhnya. Namun ketika prosedur x-ray dijalankan, betapa terkejutnya para dokter karena bukan tumor yang bersarang di perut Gary, melainkan tali sepatu dan ikat rambut dalam jumlah banyak. 

But after tests and exploratory surgeryAna Barbosa left was relieved to be told that the lump was in fact a ball of hairbands and shoelaces that the two-year-old pet had eaten without her realising

Selama ini dikenal sindrom Pica yang dialami manusia, dimana penderitanya memakan sesuatu yang tak umum untuk dimakan. Seperti tanah, kain, atau apapun. Ternyata sindrom tersebut pun dialami juga oleh kucing. Mereka akan memakan, mengunyah atau menjilat sesuatu yang tidak semestinya. Menurut UC Davis School of Veterinary Medicine, ada kalanya sindrom tersebut dipicu oleh keadaan kesehatan si kucing. Misalnya saja akibat kekurangan mineral, gangguan psikologis, penyakit leukemia, dan lainnya. Namun penyebab pastinya hingga sekarang belum diketahui pemicu perilaku abnormal tersebut, termasuk cara pencegahannya.
Yang bisa disikapi adalah terapi pemahaman bahwa penderita harus mengetahui dan sadar bahwa sesuatu yang dikonsumsinya tidaklah wajar untuk dimakan. Dan menjauhkan mereka dari benda-benda tersebut. Misalnya saja Gary, sebaiknya tidak lagi bisa menemukan tali sepatu atau ikat rambut di rumah. Karena bila kondisi Gary terlambat diketahui akan mengancam fungsi pencernaannya, hingga berakibat kematian. Salah satunya akibat racun dari benda-benda tersebut.
Bila kucing atau anjing memakan sesuatu yang bukan makanan mereka, usahakan agar benda tersebut keluar dari perut, atau segera bawa ke klinik agar diketahui lebih lanjut apakah mereka memang mangalami sindrom pica, atau gangguan kesehatan lainnya. Jangan anggap remeh benda yang masuk ke dalam perut mereka, karena bisa membahayakan jiwa.

Vet JessMaguire who helped to remove the ball said they often see dogs that like to swallow unusual objects but it is far more uncommon in cats