Penyelamat hewan Happy Endings Rescue di Kent, Inggris, pernah memiliki kasus unik yang hingga kini menjadi catatan penting dalam dunia kedokteran hewan. Seekor anjing campuran, bull-terrier, ditemukan dalam usia 11 minggu. Saat itu mereka sulit memastikan jenis kelamin anjing tersebut, sehingga belum ada nama untuknya. Sampai tim medis menyimpulkan bahwa anak anjing temuan itu terlahir istimewa, ia memiliki dua kelamin atau dikenal dengan istilah hermaprodit. Sejak itulah, ia dipanggil Matt atau Matilda. Dua nama yang mendeskripsikan jantan dan betina.

Bila melihat Matt atau Matilda, tidak dijumpai hal yang aneh. Ia tak ubahnya seperti anak anjing lain yang bermain tanpa lelah. Ia juga senang dibelai dan dipeluk, sangat menggemaskan. Meski demikian Matt atau Matilda tetap saja berbeda, ia memiliki dua set organ seks yang membutuhkan operasi korektif untuk memberi kualitas hidup lebih baik baginya.

Happy Endings Saved This Hermaphrodite Puppy

Matt atau Matilda juga mengalami deformitas pada kaki sejak lahir, sehingga operasi mutlak harus dilakukan. Penggalangan dana pun dilakukan, sementara Matt atau Matilda tumbuh remaja dan siap menjalani operasi. Seperti pada umumnya operasi korektif terhadap hewan, bahkan manusia, yang terlahir hermaprodit dilakukan observasi terlebih dahulu akan organ dan hormon dominan yang dimiliki.

Setelah semua prosedur dilakukan, operasi pun dijalankan. Kini anjing manis itu dipanggi Matilda saja, ia menjadi anjing betina yang cantik. Meski deformitas mengharuskan ia kehilangan satu kaki, tetapi hidup Matilda kini lebih utuh dengan kelamin sempurna dan keluarga yang menyayanginya.