Dalam waktu satu sampai lima hari anjing yang tertular akan menunjukkan gejala, seperti batuk dan bersin. Celakanya, dari batuk dan bersin tersebut dapat menyebarkan virus flu ke anjing lain. Belum lagi dari tempat makan dan minum mereka yang bisa menjadi media penyebarannya, termasuk tempat tidur, selimut, mainan, kandang dan banyak lagi. Bahkan melalui pemiliknya sendiri yang melakukan kontak fisik dengan anjing pengidap flu, misalnya membelai, memberi obat, dll. Terbayang kan repotnya bila anjing terjangkiti flu? Apalagi di rumah memiliki lebih dari satu anjing, kemungkinan penularan virus flu sangat tinggi. Menurut Dr John Gicking dari BluePearl Veterinary Partners di Tampa, Florida, 80% anjing akan tertular virus flu.

Flu anjing atau canine influenza (CI) adalah infeksi virus yang dapat menulari anjing dan kucing. Dijelaskan oleh American Veterinary Medical Association (AVMA), virus flu dapat hidup di permukaan hingga 48 jam, pada pakaian selama 24 jam, dan 12 jam di tangan. Maka disarankan untuk kerap mencuci tangan, rutin membersihkan area bermain dan perlengkapan hewan kesayangan.

Walaupun tidak beresiko kematian, tetapi flu sangat menyiksa para anjing. Terlebih anjing anak-anak. Mereka bisa batuk dalam hitungan bulan, lesu, kehilangan nafsu makan dan bermain. Dalam kondisi parah, atau bila didiamkan ancaman kematian meningkat menjadi 10%. Dimana anjing akan mengalami demam tinggi, sulit bernapas, hingga terkena pneumonia. Kondisi tersebut dapat mengancam jiwa atau membuat mereka akan tergantung dengan suplemen oksigen, seperti nebulasi.

Gambar terkait
toyota1299.com

Gicking menyebutkan sebenarnya tidak ada obat yang dapat menyembuhkan anjing dari flu, selain anjing menyembuhkan diri melalui sistem imun mereka sendiri. Dokter hewan biasanya hanya memberikan vitamin dan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri sekunder yang mungkin terjadi. Kebanyakan anjing akan pulih dalam dua sampai tiga minggu dengan membantu meningkatkan sistem imun mereka.

Agar tidak menularkan virus, sementara anjing harus terpisah dari anjing lain yang serumah. Hindari juga mengajak anjing berjalan-jalan ke luar rumah untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut. Vaksin memberi perlindungan terhadap anjing terhadap ancaman virus flu, tetapi tidak dapat menjamin 100% anjing tidak akan terjangkiti virus apabila kekebalan tubuh mereka sedang melemah. Maka pastikan anjing selalu terhidrasi, berkegiatan aktif dan mendapat asupan nutrisi yang baik. Sehingga mereka benar-benar memiliki daya tahan tubuh prima, kebal terhadap serangan virus. Di cuaca buruk sekalipun.

Hasil gambar untuk dog health
Cesar’s Way