Polisi Newport Beach, California, sangat terkejut menemukan seekor anjing golden retriever di atas pasir pantai. Di balik keceriaan wajahnya, ternyata anjing yang kemudian dipanggil Henry itu memiliki benjolan besar di bagian perutnya. Henry mengidap tumor, entah sudah berapa lama, yang pasti benjolan tersebut membuat Henry kesulitan berjalan. Selain membawa ke rumah sakit, polisi juga menelusuri pemilik Henry karena diduga anjing malang itu telah akibat penyakit yang ia derita.

Newport Beach Police Department

Pihak rumah sakit Newport Beach Animal Hospital menyatakan belum melihat tumor sebesar yang diidap Henry. Tumor tersebut berbobot lebih dari 20kg, hampir dua kali lipat dari berat tubuh Henry yang sangat kurus untuk ukuran anjing golden retriever berusia 8 tahun.

Newport Beach Police Department

Seperti pada umumnya, tumor tidaklah terjadi tiba-tiba. Semula benjolan kecil dan akan membesar jika didiamkan seperti yang terjadi pada Henry. Pemilik Henry yang berhasil ditangkap polisi mengaku meninggalkan Henry di rumah sakit karena tak sanggup membiayai operasinya, namun kenyataannya Henry diterlantarkan begitu saja hingga tumornya membesar. Henry hanya menghibur diri dengan bermain di pantai, ia sama sekali tidak merisaukan penyakit yang diderita. Namun setelah ia ditemukan, banyak orang peduli padanya dan mendonasikan dana untuk membiayai operasi Henry.

Newport Beach Police Department

Henry cukup beruntung, letak tumor di tubuhnya belum sampai merusak organ vital sehinga operasi aman dilakukan. Tumor tersebut juga cenderung jinak, tidak mengaktifkan sel kanker. Henry kemudian menjalani pembedahan untuk mengangkat beban berat yang selama ini menjadi bagian dari dirinya. Pemberitaan tentangnya juga sangat ramai, bahkan hinga liputan televisi. Berkat dukungan banyak pihak kesehatan Henry berangsur pulih kembali.

Newport Beach Police Department
Newport Beach Police Department

Saat ini Henry masih dalam masa pemulihan. Tak ada keraguan dari pihak medis bahwa Henry dapat memperoleh kesehatannya kembali seperti sedia kala. Termasuk mendapatkan keluarga baru yang benar-benar menyayangi serta menjaganya dalam keadaan apapun. Sementara pemilik Henry terdahulu, Sherri Haughton, dijatuhi hukuman akhir tahun lalu dengan tuduhan penelantaran hewan peliharan.

Newport Beach Police Department