Lebih dari 10 tahun, Enric Girona mengamati perilaku anjing dan memotretnya saat mereka diajak berjalan2. Sampai akhirnya Enric membuat toilet untuk anjing di kota El Vendrell, bagian timur laut Spanyol, dimana para anjing bisa pipis serta pup dengan leluasa. Dan pemiliknya pun merasa nyaman karena terbebas dari denda sebesar Rp 12 juta bila ketahuan peliharaan mereka membuang kotoran sembarangan, apalagi di Barcelona atau Madrid dendanya bisa mencapai Rp 24 juta.
Sebagai pecinta anjing, Enric menyadari betul bahwa penyakit bisa ditularkan dari kotoran. Dan ia juga ingin memelihara kebersihan kota dan menghindari bau tak sedap yang menyebabkan anjing dipersalahkan. Maka Enric memodifikasi toilet untuk bisa digunakan anjing, caranya pun sederhana cukup dengan membuka toilet dan anjing membuang kotoran di sana, lalu di-flush oleh pemiliknya. 

Sebelum ini para pemilik anjing sedikit repot saat mengajak anjingnya berjalan-jalan, dikarenakan mereka harus membawa plastik dan memungut kotoran peliharaannya agar terhindar dari denda yang kadang membuat mereka malas membawa anjingnya keluar rumah untuk berjalan-jalan.