Beberapa kucing memiliki bintik hitam di area hidung mereka yang biasanya berwarnamerah muda. Bisa hanya satu, dua bintik, tapi ada juga yang lebih dari itu. Ukurannya pun beragam, ada yang sekedar bintik kecil dan ada pula yang besar. 
1. Disebut lentigo
Merupakan kondisi genetik pada kucing yang menghasilkan warna gelap atau bintik hitam. Permukannya tidak datar, sedikit bertepi dengan ukuran luas terkecil 1 milimeter dan terbesar sebesar 10 milimeter. Bila kucing memiliki beberapa bintik, disebut simplex lentigo. Namun jika banyak, disebut lentigo profusa (multiple lentigo syndrome). Tapi kebanyakan sih cukup menyebutnya bintik.
2. Darimana munculnya?
Didapat oleh kucing dari gen yang biasanya membuat warna mereka orange atau merah kecoklatan. Lentigo dapat ditemukan juag pada jeruk, belacu, atau kura-kura, dan beberapa jenis lainnya yang memiliki warna orange. 
calico cat with freckled nose
3. Tidak hanya terdapat pada hidung
Lentigo juga dapat muncul di bibir dan gusi kucing, dimana kemunculannya sejak kucing berusia satu tahun. Semakin bertambah umur biasanya bintik-bintik itu meluas, bisa berada di langit-langit mulut kucing, tepi mata, kelopak mata, bahkan kadang di telinga dan telapak kaki
red tabby displays small freckles on lips
4. Tidak terpengaruh sinar matahari
Seperti halnya flek pada wajah manusia, sering kali lentigo juga diasosiasikan akan memburuk bila terpapar sinar matahari. Padahal sama sekali tidak. Pertumbuhannya akan berhenti dengan sendirinya saat kucing semakin bertambah usia.
calico cat with nose freckle
5. Tidak berbahaya
Bedakan dengan bintik hitam yang terjadi akibat melanoma (kanker kulit), lentigo tidak membahayakan kucing sama sekali. Bahkan kucing tak merasakan apapun, kemunculannya hanya akibat gen warna yang ia miliki. Jadi jika mendapati bintik hitam pada kucing, jangan panik yaa.. 🙂