Seekor kucing mungil dibawa ke penampungan hewan Noah’s Ark Animal Welfare Association di Trinidad, Colorado, dalam kondisi menyedihkan. Ia menderita infeksi saluran pernapasan, dan luka di sekujur punggung dan perutnya. Ia juga kelaparan dan kelelahan, namun terus mendengkur setiap kali staf dan dokter mencoba membantu. Si kucing tahu dirinya tertolong dan ada di sekitar orang-orang penuh kasih.

Courtesy: Noah’s Ark Animal Welfare Association

Infeksi saluran pernapasan (URI) disebabkan oleh virus feline calicivirus atau feline herpesvirus yang dapat ditularkan dari kucing ke kucing melalui bersin, batuk, atau saat perawatan atau berbagi mangkuk makanan dan air. Setelah terinfeksi, kucing bisa menjadi pembawa virus seumur hidup meski tidak menunjukkan tanda-tanda klinis, tetapi mereka masih dapat menularkan virus kepada kucing lain, atau menjadi rentan terhadap infeksi bakteri sekunder, serta memungkinkan untuk kambuh. Selain itu ada pula infeksi saluran pernapasan atas pada kucing disebabkan oleh bakteri Chlamydia dan Bordetella yang umum ditemukan di tempat penampungan atau tempat dengan jumlah kucing banyak sehingga memungkinkan penularan terjadi.

Courtesy: Noah’s Ark Animal Welfare Association

Sebagai kucing liar, kucing yang menjadi pasien Dr Falduto itu memang rentan atas virus dan bakteri, seperti kucing liar pada umumnya. Kondisi fisik dan vaksinasi sangat memegang peranan penting dalam pencegahan, namun hal tersebut tentu sulit didapatkan oleh para kucing tanpa rumah dan keluarga. Meski demikian bukan berarti tidak dapat tertolong, karena kucing yang akhirnya dinamakan Courageous itupun kondisinya berangsur membaik. Ia penuh semangat untuk sembuh, tak heran nama Courageous yang berarti berani itu diberikan padanya.

Courtesy: Noah’s Ark Animal Welfare Association

Tidak hanya pengobatan atas penyakit Courageous, tapi Dr Falduto serta Kim Riddle dari penampungan, juga melakukan terapi pada kucing berbulu jahe itu. Mengingat trauma dan stres dapat menjadi pemicu kambuhnya penyakit tersebut.

Courtesy: Noah’s Ark Animal Welfare Association

Kim lalu mengasuh Courageous di rumah, dan anak perempuan Kim, McKenzie “mengenalkan” Courageous pada boneka “American Girl” miliknya yang ternyata membawa ketenangan bagi Courageous. Bahkan McKenzie memberikan baju bonekanya untuk dikenakan oleh Courageous. Kebetulan mereka satu ukuran 🙂

Courtesy: Noah’s Ark Animal Welfare Association

Sejak bersama keluarga Kim dan “bersahabat” dengan boneka milik McKenzie, kini kondisi psikis Courageous jauh lebih baik. Ia selalu tidur bersama sahabat bonekanya, dan berbagi pakaian bersama 🙂

Courtesy: Noah’s Ark Animal Welfare Association