Memelihara anjing termasuk dengan komitmen merawatnya ketika ia sakit. Namun tidak demikian dengan pemilik anjing bernama Oso. Begitu mengetahui anjingnya terjangkit penyakit kulit, bukan dibawa ke klinik hewan melainkan ke penampungan anjing Downey Animal Care Center, Los Angeles. Di sanalah nasib Oso berakhir, sang pemilik menyerah untuk merawat anjing berumur 8 tahun itu. Padahal penyakit kulit Oso sangat bisa disembuhkan.

Oso menderita alopecia dan pyoderma, yakni penyakit kulit yang sebenarnya termasuk umum terjadi pada anjing. Alopecia merupakan kerontokan bulu yang terjadi akibat tungau. Penyebab lain bisa saja ada gangguan dalam pertumbuhan folikel rambut, infeksi, trauma, kekebalan tubuh atau kelainan sistem endokrin. Sementara Pyoderma terjadi karena bakteri yang berawal dari luka terinfeksi, dalam kondisi parahnya dapat terjadi pembengkakan dan bernanah. Namun kedua penyakit tersebut dapat disembuhkan, bahkan tak harus membuat anjing menginap di klinik.
(baca juga. “Masalah kulit yang umum terjadi pada anjing”)

Akibat keputusan pemiliknya yang tak mau merawat, maka Oso mengalami gangguan psikologis yang memperburuk kondisinya. Oso sering kedapatan bersedih, tak berselera makan, bahkan menyembunyikan wajahnya di dinding. Merasa ditinggalkan melebihi sakit fisik yang dideritanya. Namun seorang relawan, Sal Valdepeña, menyatakan bahwa Oso akan segera dicarikan rumah dan keluarga baru setelah sembuh dari penyakitnya. Dengan demikian Oso dapat merasakan kasih sayang sesungguhnya hingga akhir hayatnya.