Setiap dokter pasti menganjurkan untuk mengonsumsi banyak air demi kesehatan, demikian pula pada kucing. Air memang sangat menunjang kesehatan, tetapi tetap dalam batasan tertentu. Tidak kurang, tidak pula berlebihan. Karena rasa haus yang berlebihan justru menjadi pertanda kucing mengalami masalah ginjal, atau hipertiroidisme (diabetes kucing).

Hasil gambar untuk cat drinking needs
Animals – How Stuff Works

Hal yang paling utama untuk diperhatikan semua pemilik kucing adalah mengetahui kebiasaan kucing peliharaan mengonsumsi air. Seperti halnya pada manusia, kucing pun memiliki tingkat kebutuhan berbeda atas air. Banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan tubuh atas air. Contohnya bila kucing mengosumsi makanan kering, maka 10% dari makanan tersebut sudah mengandung air, sementara makanan basah memiliki 78% kadar air. Dari makanan saja sudah berbeda kan kebutuhan kucing akan minum?

Tubuh kucing terdiri dari 67% air, kebutuhan tersebut sangat minim tercukupi dari makanan. Sehingga kucing membutuhkan minum yang cukup. Umumnya, dengan berat badan sekitar 4.5kg kucing dewasa membutuhkan satu cangkir air per hari, atau 2/3 cangkir bagi kucing yang mengonsumsi makanan basah. Tetapi dalam sebuah artikel di PetMd.com, Dr Jennifer Coates menyarankan untuk tidak berpatokan pada takaran tersebut, sesuai yang telah disebutkan bahwa kebutuhan setiap kucing berbeda-beda.

catwaterneedscapture
La Carmina

Dr Jennifer Coates lebih menyarankan pemilik mengetahui kebiasaan kucing minum untuk mengetahui kebutuhan cairan dalam tubuh masing-masing kucing, sehingga pemilik mampu mendeteksi bila kucing minum di luar kebiasaan. Kucing lebih mengetahui kebutuhan cairan dalam tubuh mereka, sehingga secara alami mereka akan mencukupinya. Bagi pemilik, yang terpenting adalah memberi penunjang agar kucing tak mengabaikan kebutuhan cairan pada tubuhnya. (baca juga. “6 cara agar kucing gak malas minum, demi mencegah masalah kesehatan”)

Keengganan kucing untuk mengonsumsi air bisa bermacam-macam, dimana pemilik harus mampu menyikapinya. Termasuk mendeteksi apabila kucing terus menerus merasa haus, atau bolak balik ke litter box, juga saat mereka terkena dehidrasi (baca juga. “Indikator untuk mengetahui kucing kurang mengonsumsi cairan”). Jadi pemilik tak perlu memaksa kucing minum jika telah mengupayakan semua sarana bagi kucing untuk minum, karena toh kucing mampu menakar kebutuhan air bagi mereka sendiri.

Hasil gambar untuk cat drinking needs
catdumb.com