Berawal dari penangkapan dua pria yang mencoba menukar harga di sebuah toko di Texas, polisi kemudian memeriksa mobil tersangka. Di dalam mobil terlihat seekor anjing kecil dalam kondisi lemas, bahkan polisi sempat menyangka anjing bernama Lucky itu telah tewas.

Photo. Stacie Fowler

Dr. Stacie Fowler dari North Texas Emergency Pet Clinic, tempat Lucky dirawat, sangat terkejut mendapati kondisi Lucky yang ternyata mengalami over dosis heroin. Rupanya sang pemilik begitu tega “meracuni” Lucky dengan obat terlarang yang mereka konsumsi. Akibatnya, Lucky ditemukan nyaris koma. Untungnya ia masih bisa diselamatkan.

Photo. Stacie Fowler

Heroin dan zat aditif lainnya yang biasa dikonsumsi manusia, memiliki efek sama bila dikonsumsi oleh anjing. Namun hewan akan mengalami reaksi lebih cepat, disamping itu mereka sering kali diberikan dosis yang sama seperti manusia oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Akibatnya, mereka mengalami over dosis.

cnn

Kelumpuhan pada otak merupakan ancaman yang utama bagi para pengguna obat-obatan terlarang. Demikian pula pada hewan. Setiap hewan memiliki jangka waktu berbeda-beda dalam merespon efek obat tersebut. Contohnya lebah yang tak memakan waktu lama untuk kecanduan. Para lebah akan bingung, bahkan lupa letak sarang mereka ketika konsumsi obat tertentu dihentikan. Sementara kambing seakan lupa untuk merumput ketika mereka ‘sakau’.

Gambar terkait
www.shef.ac.uk

Sebelum terjadi kelumpuhan pada otak, kemampuan otak pun akan menurun. Hingga akhirnya bisa mengalami koma seperti Lucky. Meski Lucky berhasil diselamatkan, tetapi Lucky membutuhkan waktu untuk rehabilitasi. Belum lagi ia harus menyembuhkan trauma saat ‘sakau’ dan tidak ‘kesampaian’.

Penny Whistle Photography

Setiap zat aditif tidak hanya terdapat pada obat-obatan, namun juga pada makanan yang memungkinkan hewan menjadi kecanduan. Maka pemilik sebaiknya selalu meneliti kandungan dari makanan yang diberikan, agar peliharaan tidak menolak makanan lain dan tidak mengalami kecanduan atas makanan tertentu.

Photo. Stacie Fowler

Walaupun sempat kritis, namun hidup Lucky tidak berakhir menyedihkan. Sesuai namanya, “Lucky” yang berarti “beruntung”, kini Lucky tinggal bersama seorang gadis kecil dan kakek-neneknya dalam rumah yang penuh cinta.

Photo. Angela Shaw