Di pinggir jalan kawasan Blue Mountains, New South Wales, Australia, tampak dua ekor kucing berusia sekitar 5 minggu bermain gembira. Mereka bersaudara, Dora dan Felix. Ada yang ganjil dari mereka berdua, hal itu diketahui oleh penolongnya yang kemudian membawa kakak-beradik itu ke penampungan RSPCA NSW (New South Wales). Baik Dora, maupun Felix, ternyata tak memiliki kelopak mata.

dora1capture
RSPCA NSW

Kondisi tersebut terbilang langka, bila dibiarkan, maka dapat dipastikan mereka akan mengalami kebutaan permanen di umur 1 tahun akibat mata tak memiliki pelindung. Untungnya teknologi kedokteran masa sekarang sudah sangat canggih, sehingga Dora dan Felix bisa memiliki kelopak mata baru!

portraitsofananimalshelter
portraitsofananimalshelter

Patrick Jones dari RSPCA NSW harus membawa kedua kucing itu ke Sidney guna menjalani operasi koreksi di sebuah klinik mata khusus hewan. Operasi tersebut dilakukan setelah Dora dan Felix tinggal selama 6 bulan di penampungan, karena pelaksanaan operasi hanya diperbolehkan jika mereka telah cukup umur. Dr Cameron Whittaker membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk “membuat” kelopak mata kucing dengan menggunakan jaringan dari bibir masing-masing.

portraitsofananimalshelter

Kini 3 bulan telah berlalu dari operasi. Dora dan Felix dapat hidup normal seperti kucing lain. Tentu, sekarang mereka bisa mengedipkan mata 😉 Bahkan banyak orang gemas terhadap keduanya, karena mata mereka tampak sayu di tengah bibir mereka yang terlihat selalu tersenyum..

portraitsofananimalshelter