Kucing memiliki kebiasaan bersih karena sejak kecil induk mereka sering memandikan dengan cara menjilati. Maka kucing tumbuh dengan kebiasaan ingin selalu membersihkan diri, standar kebersihannya ya menurut mereka sendiri lho ya 😉 Tapi saat melihat kucing menjilati diri sendri ternyata tak selalu menandakan mereka lagi membersihkan diri.

5Malu

Misalnya kucing hendak melompat ke satu titik dan gagal, mereka tahu banget kalau hal itu memalukan. Perhatikan saja, setelah kejadian itu biasanya mereka akan ‘mandi-mandi’ untuk menutupi rasa malu.

4Menenangkan diri

Kucing sebenarnya adalah hewan yang lumayan paranoid, tingkat kewaspadaan mereka sangat tinggi padahal situasi yang dihadapi tidaklah membahayakan. Sadar diri akan kondisi tersebut, kucing menjilati dirinya sebagai upaya untuk menenangkan diri sendiri

3Menyatakan dominasi

Kucing hidup dalam sebuah “hirarki” dimana ada pihak yang kuat (alpha) dan yang lemah (beta) dalam kehidupan sosial mereka. Melakukan grooming atau mandi-mandi dilakukan kucing alpha sebagai bentuk dominasi terhadap kucing-kucing beta, merupakan pernyataan superioritas sosial dengan ‘berdandan’.

2Melakukan terapi

Liur kucing memiliki antibiotik istimewa yang dapat mereka gunakan untuk penyembuhan diri, misal luka terbuka ringan ataupun merelaksasi otot yang tegang sehingga mereka dapat segar kembali.

1Pertanda sakit

Ketika merasa tak enak badan, kucing akan menjilati tubuhnya. Perhatikan bentuk bulu mereka setelah mereka mandi-mandi, bila lama mengering atau rontok, ataupun acak-acakan dan juga terlalu lama atau keseringan ‘mandi’ artinya kesehatan mereka terganggu. Jika tampak parah, apalagi nafsu makan kucing mulai berkurang segera konsultasikan pada dokter hewan.