Di samping kucing hanya memiliki setengah dari kuman yang dimiliki manusia, para kucing juga sangat sadar adanya kuman yang menempel di tubuhnya. Manusia saja sering tidak tahu kan ya? Hehe. Maka kucing akan selalu berupaya menghilangkan kuman di tubuhnya, serta mencegah kuman datang kembali.

Hasil gambar untuk cat cleaner tongue
Live Science

Melalui penelitian bagian kulit, telapak kaki, ekor, serta liur yang diambil dari berbagai kucing dengan usia berbeda, diketahui bahwa kucing memiliki kuman yang juga berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah terbatas seperti enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus, serta ditemukan kelompok kuman lain yang beragam. Uniknya kucing menyadari hal tersebut, sehingga mereka sering membersihkan diri. Seolah tak mau ada satu kuman pun yang menempel. Hal itu bisa terlihat dari kegiatan kucing yang kerap memandikan dirinya dengan cara menjilati bagian tubuh mereka.

Gambar terkait
people.com

Kucing terlahir dengan alat pembersih luar biasa, yakni lidah. Memiliki permukaan kasar, lidah kucing dapat membuang bulu-bulu mati serta membersihkan bulu yang tersisa. Permukaannya tertutupi berbagai benjolan kecil yang runcing, berbentuk gergaji dan kikir, sehingga mampu membersihkan sampai ke kulit. Pada kulit kucing pun terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri.

Dr George Maqshud, ketua laboraturium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, menambahkan bahwa jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Selain itu seorang dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus , Sa’id Rafah, juga menegaskan “perangkat pembersih” kucing memiliki zat lisozim yang mampu merusak dinding sel bakteri.

Hasil gambar untuk cat self grooming
The Spruce

Dari penelitian tersebut juga menemukan alasan kucing tidak suka air. Kucing sangat paham bahwa air bisa menjadi sumber pertumbuhan bakteri, apalagi air tergenang. Maka secara naluri kucing memilih untuk menghindari air, dan kucing akan menjaga kestabilan suhu tubuh sebagai salah satu upaya agar kuman tidak berpindah kepadanya.

Gambar terkait
shutterstock.com