Hidup Will hanya ditentukan dalam menit, jika saja ia terlambat dilarikan ke rumah sakit akibat ketidaksengajaannya menelan racun tikus. Terkadang membiarkan anjing bermain sendiri memang berisiko, sebaiknya pemilik memantau area bermain peliharaan terlebih dahulu sebelum mengijinkan mereka bermain agar tak terjadi peristiwa seperti yang dialami Will.

Saat berada di rumah sakit Albany, New York, kondisi Will sudah sekarat. Bahkan pemiliknya sudah merelakan anjing pitbull itu, salah satunya karena biaya perawatan Will sangatlah mahal dan mereka tak memiliki uang. Akhirnya para pecinta anjing mengumpulkan dana guna menyelamatkan Will. Dukungan kasih sayang dari para penolongnya, secara ajaib membuat Will dapat lolos dari masa kritis dan beberapa minggu kemudian sembuh.

Baru dua minggu dari kesembuhannya, tragedi terjadi kembali. Lagi-lagi Will keracunan! Lebih parah dari sebelumnya, karena Will ditemukan sudah berada di lantai dan mengalami pendarahan. Kali ini sang pemilik betul-betul pasrah dengan keadaan, mereka meminta agar Will di’tidur’kan saja saat Will berada di ruang garat darurat. Tetapi Cydney Cross dari perkumpulan anjing pitbull di New York, “Out of the Pits”, ingin memperjuangkan hidup Will. Menyerah bukanlah solusi terbaik bagi seekor anjing yang menderita dari kelalaian pemiliknya.

Kerja racun tikus dalam tubuh anjing sebenarnya tak menjalar dengan cepat. Anjing akan mengalami bau mulut yang mencolok terlebih dahulu, sebelum ia mengalami kesulitan bernapas, muntah, bahkan kejang. Maka setiap kali anjing pulang bermain, hendaknya pemilik memerhatikan perubahan pada anjing. Dengan demikian segala kemungkinan buruk dapat teratasi lebih cepat, dan anjing tak perlu mengalami penderitaan serius hingga bertaruh nyawa seperti Will.

Cydney Cross akhirnya mengambil alih kasus Will, ia mencarikan Will klinik hewan yang dapat menanganinya secara cepat. Nyawa Will bergantung pada waktu. Will kehilangan banyak plasma dan hidupnya benar-benar di ujung tanduk. Bersamaan dengan perjuangan Will akan hidupnya, Cydney segera menggalang donasi untuk Will.

Will akhirnya menunjukkan dirinya memang layak hidup. Untuk kedua kalinya Will lolos dari maut, dan tak ada ketiga kalinya. Karena Cydner kemudian membuka adopsi agar Will mendapatkan keluarga yang lebih memerhatikan Will dibanding pemiliknya terdahulu. Kini Will tinggal di rumah sementara (foster) hingga kondisi kesehatannya pulih. Usia Will yang masih muda berperan penting dalam berjuang melawan racun dalam tubuhnya.