Veronica Perry, seorang penyelamat anjing dan kordinator foster di East Valley Animal Shelter, Van Nuys, California, dengan tegas menyatakan bahwa penyayang anjing tak akan pernah membeli anjing teacup atau bahkan menyetujui keberadaan mereka.

Hasil gambar untuk teacup dog in cup
Paw My Gosh

Anjing teacup merupakan anjing berukuran kecil, diibaratkan hanya seukuran cangkir. Disebut juga miniatur atau anjing mikro. Dua tahun lalu, seekor anjing pomeranian teacup dengan bobot 12 ons dijual peternak anjing Kanada seharga Rp 173 juta. Harga-harga anjing teacup memang relatif mahal dan biasanya harus dipesan, namun tak jarang para breeder ‘memproduksi’ sendiri untuk dijual dengan orientasi keuntungan tinggi. Hal itu pula yang disesalkan Perry, tak jarang anjing teacup berakhir di penampungan.

Hasil gambar untuk teacup dog in cup
Teacup Dogs Daily

Teacup memang lucu, namun ukuran tubuh mereka justru membuat kesengsaraan yang membawa risiko tinggi atas kesehatan, bahkan kematian. Tulang anjing teacup tidak berkembang dengan semestinya, seluruh organ tubuh sangat kecil sehingga ‘dipaksa’ kerja keras dan tidak bekerja normal, anjing teacup juga tidak mampu berkegiatan sebagaimana anjing pada umumnya.

Hasil gambar untuk teacup dog in cup
Healthy Paws Pet Insurance

Perry bahkan menilai ‘produksi’ anjing teacup tak ubahnya seperti membuat mainan anjing namun hidup tanpa memikirkan kondisi para anjing tersebut, secara fisik maupun mental. Diantaranya anjing teacup juga tidak mungkin bersosialisasi karena kondisi mereka sangat ringkih, sementara anjing merupakan hewan sosial. Alih-alih menyayangi, yang ada malah menyengsarakan. Sebuah situs small-breed-dogs.com pun menghimbau untuk tidak membeli anjing teacup, karena sama saja dengan membeli anjing sakit hanya untuk keuntungan komersil para penjualnya.

Hasil gambar untuk teacup dog in cup
bestpetsonline.us