Semua orang berpikir Mia, seekor anak anjing, tidak akan bertahan hidup sampai seorang wanita bernama Emily Bobo Parker memberinya kesempatan kedua dalam hidup. Wanita asal Inggris itu bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Cina, dan menjalankan sebuah organisasi penyelamatan hewan di waktu luangnya. Ketika ia mendengar tentang Mia diselamatkan dari sebuah truk daging jagal, Emily tahu bahwa dirinya “dipilih” untuk membantu.

rescue-puppy-skin-fungus-mia-china-20
facebook/Emily Bobo Parker

Mia ditemukan menderita CCV (canine coronavirus infection), yakni penyakit usus yang sangat menular disebabkan oleh virus dan menyerang anjing peliharaan, maupun anjing liar. Virus coronavirus bereplikasi sendiri dalam usus kecil dan terbatas dua pertiga dari usus kecil serta kelenjar getah bening. Infeksi CCV umumnya dianggap sebagai penyakit relatif ringan dengan gejala sporadis, atau tidak sama sekali. Tetapi jika infeksi CCV terjadi bersamaan dengan infeksi parvovirus, atau infeksi yang disebabkan oleh usus (enterik) patogen lainnya, maka kondisi anjing akan sangat serius, hingga menyebabkan kematian. Terlebih bagi anak anjing.

rescue-puppy-skin-fungus-mia-china-26
facebook/Emily Bobo Parker
rescue-puppy-skin-fungus-mia-china-19
facebook/Emily Bobo Parker

Selain terjangkit CCV, Mia juga memiliki jamur kulit di seluruh tubuh yang menimbulkan rasa gatal luar biasa. Ia juga menderita cacingan, batuk, malnutrisi, anemia dan kekurangan kalsium sehingga postur Mia membungkuk, serta kakinya sangat lemah. Parahnya lagi Mia menelan plastik pembungkus mainan yang memperburuk keadaannya. Sungguh panjang perjalanan Mia menuju kesembuhan, maka banyak pihak menyarankan agar Mia “ditidurkan”. Tetapi Emily tak mau menyerah sebelum mengusahakan hal terbaik bagi anjing malang itu.

rescue-puppy-skin-fungus-mia-china-28
facebook/Emily Bobo Parker

Perlahan namun pasti, Mia menunjukkan kemajuan atas upaya medis terhadapnya. Seiring bertambahnya usia, kesehatan Mia pun semakin membaik. CCV dapat disembuhkan melalui pengobatan intensif serta perawatan, bahkan pada anjing dewasa kondisi CCV ringan dapat sembuh dengan sendirinya. Sementara bagi anjing kecil seperti Mia memerlukan perhatian khusus, karena bila terjadi dehidrasi dapat sangat fatal akibatnya.

rescue-puppy-skin-fungus-mia-china-24
facebook/Emily Bobo Parker

Selama perawatan, Mia diharuskan mengenakan baju untuk mencegahnya menggaruk tubuh. Dan Mia menunjukkan bahwa dirinya mampu berjuang untuk meraih hidup yang pernah nyaris terenggut. Emily menyatakan bahwa tak hanya Mia, banyak anjing di luar sana yang nyaris tanpa harapan, mereka hanya membutuhkan sebuah kesempatan untuk hidup layak dan bahagia.

rescue-puppy-skin-fungus-mia-china-23
facebook/Emily Bobo Parker