Kebersihan tidak hanya mendukung kesehatan anjing, tetapi juga menyenangkan pemilik. Semua anjing memang membutuhkan mandi, karena mereka tidak mampu memandikan diri seperti halnya kucing. Tetapi alih-alih memberi kenyamanan bagi anjing, beberapa kesalahan sering dilakukan yang justru berdampak buruk pada mereka.

Poor Soap Application
Kachalkina Veronika / Shutterstock

1Temperatur air

Jocelyn Robles, seorang groomer professional sekaligus dokter hewan di Holiday House Pet Resort, Doylestown, Pennsylvania, menyatakan air hangat yang biasa digunakan bayi mandi lebih baik bagi anjing. Air terlalu dingin atau panas memberi stimulus negatif, maka cek dengan tangan sebelum menggunakan, lalu basahi tubuh anjing perlahan dengan air agar suhu tubuh anjing beradaptasi.

2Siraman air

Memang lebih mudah memandikan anjing dengan pancuran atau shower air, tetapi tak semua anjing bisa menerima “hantaman” air langsung ke tubuh mereka. Sehingga gunakan tangan untuk menghalangi air, atau gunakan gayung dan ember saja untuk lebih dapat mengontrol air pada anjing dan memberi kenyamanan.

Harsh Spray
135pixels / Shutterstock

3Pemilihan shampo

PH yang berbeda antara kulit anjing dan manusia tidak memungkinkan anjing dan pemilik berbagi shampoo. Kondisi kulit anjing juga harus diperhatikan, bila perlu lakukan pengujian di bagian belakang kaki agar menghindari iritasi. Shampoo dengan kandungan oatmeal lebih banyak dapat diterima tubuh anjing, sebaiknya pemilik juga tidak terobsesi dengan wangi shampoo yang justru bisa memberi ketidaknyamanan bagi anjing.

4Merendam anjing

Pemilik sering kali berasumsi bila merendam anjing dapat menghilangkan kotoran di tubuhnya, padahal menurut Robles anggapan tersebut tidaklah benar. Anjing bukanlah cucian yang perlu direndam untuk bersih. Anjing membutuhkan pijatan, terlebih bila anjing dalam perawatan kulit, seperti halnya manusia keramas. Pijat anjing selama 4 menit, kala shampoo atau sabun di tubuhnya, dari bagian kaki hingga badan. Jangan lupakan bagian telinga dan sekitaran mata untuk dibersihkan. Lalu bilas bersih. Selesai.

5Menyisir

Anjing disisir sebelum dan setelah mandi. Hindari saat bulu masih basah karena justru bisa menyakitkan mereka. Jangan memaksa menarik bila menemukan bulu kusut, hentikan menyisir apabila anjing terlihat tidak nyaman. Bisa saja sisir atau kulit mereka bermasalah. Bagi anjing berbulu tebal dan panjang, sedikitnya disisiri tiga kali seminggu.

Bad Brushing Technique
mariait / Shutterstock

6Handuk

Jangan menggantungkan pengeringan bulu anjing pada hairdryer, tapi justru pada handuk. Maka siapkan handuk kering yang efektif menyerap air, sementara hairdyer “mengerjakan” sisanya saja untuk mengeringkan bulu. Pastikan bulu anjing benar-benar kering. Pemakaian hairdryer terlalu intens menyebabkan kerusakan pada kulit dan bulu anjing, belum lagi banyak anjing tak menyukai suara bisingnya. Alih-alih mandi menjadi kegiatan menyenangkan, malah sebaliknya.

7Terlalu sering

Anjing memang beragam jenis. Untuk berbulu pendek, sebulan sekali pun sangat cukup memandikan mereka. Terlalu sering mandi malah membuat anjing kehilangan kelembaban tubuh dan menghambat produksi minyak dari tubuh mereka, sehingga akhirnya anjing bermasalah kesehatan. Bila tak terlalu yakin, bisa berkonsultasi pada dokter guna mengetahui jadwal mandi terbaik bagi anjing kesayangan 🙂

Bathing Too Often
Sophie Morrissey / Shutterstock